Warga Masyarakat Desa Siuhom Kec. Angkola Barat Antusias Mengikuti Musrenbang Desa

/ Selasa, 01 Februari 2022 / 21.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Warga masyarakat Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan antusias mengikuti musrenbang desa untuk tahun anggaran 2023 yang bertempat di aula madarasyah Setempat Sabtu (29/1-2022).



Hadir dalam acara musrenbang Desa  Camat Angkola Barat Muhammad Tohir Parlindungan,S.Sos, Sekcam Angkola Barat, Kasi Pembangunan Kantor Camat Angkola. Barat, Kepala Desa Siuhom Amantua Simamora, Babinsa,  Bhabinkamtibmas,  Ketua BPD,Pendamping Desa,  Ketua TP. PKK Desa Siuhom, Kepala Sekolah, Kelompok. Tani, Kader Posyandu,  Kader KB, Tokoh masyarakat, Karangtaruna, Tokoh agama, tokoh Pemuda,  Kepala Kampung, dan undangan lainnya. 

Kades Siuhom Amantua Simamora menyampaikan,"  kami dari Pemerintahan desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat  mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan kami yang telah meluangkan waktunya  mengikuti acara musrenbang hari ini. 



Untuk peserta  musrenbang  perwakilan masyarakat Desa Siuhom yang hadir saya harapkan menyampaikan hasil musrenbang ini nantinya kepada masyarakat yang tidak hadir agar tidak terjadi salah paham dan tidak menjadi cerita yang tidak baik. Maka dari itu apabila ada usulan – usulan sampaikan saja di forum musrenbang ini apapun usulan bapak – bapak dan ibu – ibu semua akan kita tampung. Ujarnya.

Kepada Camat Angkola Barat Muhammad Tohir Pasaribu yang baru dilantik Pak Bupati Tapsel kami ucapkan selamat datang di Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat. Kami Pemerintah Desa Siuhom berharap kepada Bapak Camat untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada kami warga masyarakat desa demi untuk kemajuan desa kami.

Lebih lanjut disampaikan Amantua Simamora bahwa Desa Siuhom terdiri dari 5  Kampung , 365 KK dan  600 jiwa. Desa Siuhom  Berbatasan  dengan Kec. Angkola Sangkunur dan Kecamatan Angkola Selatan.Kami berharap kepada peserta musrenbang untuk mengusulkan yang prioritas saja," ujarnya.

Untuk alokasi Dana desa tahun anggaran 2022 payung Hukumnya yaitu sesuai 
Perpres Nomor 104 Tahun 2021, pada pasal 5 ayat (4) penggunaan Dana Desa Tahun 2022 diatur penggunaannya sebagai berikut :

a. Program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen);

b.program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen); 

c.dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa.

Dari total 100% (seratur persen) Dana Desa yang diterima tiap desa, Pemerintah Desa hanya bisa mengalokasikan 32% (tiga puluh dua persen) dari Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan program sektor prioritas lainnya



Selanjutnya Bhabinkamtibmas,  Bripka Zedda Zega menyampaikan kepada peserta musrenbang  untuk sama sama  mengeluarkan ide apa yangg direncanakan kedepannya. Mari kita dukung program Pemerintah untuk divaksin Covid-19. 

Camat Angkola Barat Muhammad Tohir Parlindungan,S.Sos mengusulkan kereta sepeda motor sampah, Pendirian Bumdes. Camat berharap kepada Kepala Desa Siuhom agar merangkul seluruh warga masyarakat. Bila ada masalah selesaikan secara kekeluargaan," ujarnya.

Bila ada kebutuhan urusan masyarakat ke Kantor Camat saya siap selama 24 jam melayaninya, walau jam istirahat kapan saja dan dimana saja jumpai saya," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Camat," bila sedang berada di kenderaan, stop mobil saya, saya pasti melayaninya," Ujar mantan Camat Angkkla Sangkunur.

Saya akan terus bersama warga masyarakat baik di warung kopi, di tempat umum, diacara siriaon dan siluluton untuk menjaring aspirasi masyarakat," ujar Camat yang dekat dengan Wartawan.

Adapun usulan warga masyarakat antara lain usulan dari sd negeri 100112 Siuhom yaitu rehab 6 ruang kelas,  Pemagaran keliling dan  paving block, 

Sedangkan usulan Dinas KB,  sebagai desa percontohan kampung KB agar membangun Rumah data,mobiler desa, bantuan dana UUPk dan Insentif kader,  

Dari Bidan desa  meja posyandu 5 unit,  7 unit kursi, pengadaan  alat tensi, Pengadaan alat  cek gulo, cek asam urat2 dan alat cek klosterol. 

Usulan dari Dusun Aek Martolu yaitu pembangunan Jalan  Keliling, pengadaan kursi 50 unit,  taratak 3 umit, pengeras suara, peningkatan jalan TMMD menuju kecamatan Angkola Sangkunur.

Sesangkan Usulan dari Dusun  Tapalan PLTS 35 unit, tratak, kuali 2 unit beserta  Piring piringnya. Pengeras suara.

Pantauan awak media online  masing masing peserta musrenbang utusan warga masyarakat menyampaikan usulannya kepada notulen rapat secara tertulis. Dan usai rapat usulan peserta musrenbang direkap dan dibacakan dihadaoan peserta musrenbang.(PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: