Beraudensi Dengan Wakil Ketua DPRDSU, Legislatif Sambut Baik Program Purna Paskibraka Indonesia ( PPI ) Provinsi Sumut

/ Rabu, 13 April 2022 / 15.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-
Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PPI Sumut) Mayor Hendra Rizky Nasution, ST didampingi Wakil Ketuanya Ipda. Richy Ricardo Sembiring, SH, MH dan perwakilan pengurus provinsi lainnya, beraudensi dan silaturahmi dengan Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Irham Buana Nasution SH, MHum, Selasa (12/4/2022), bertempat di ruang rapat Lt 2 gedung DPRDSU.

Kehadiran pengurus PPI Provinsi Sumatera ini disambut baik oleh wakil ketua DPRDSU Irham Buana, dan membahas berbagai program kedepan serta wawasan kebangsaan.

IRHAM BUANA NASUTION, SH, M.HUM WAKIL KETUA DPRD SUMUT, bersama IPDA. RICHY RICARDO SEMBIRING, SH, MH.

Dalam kesempatan ini, Mayor Hendra memperkenalkan pengurus PPI Provinsi terpilih priode 2021-2026. Serta menyampaikan komitmen bahwa kedepannya PPI Sumut akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam proses membangun bangsa.

Untuk itu, PPI Sumut membutuhkan dukungan dan perhatian dari badan legislatif dalam menghadapi rintangan berorganisasi untuk mengembangkan program program kedepan.

"Kami siap berkolaborasi dan bersinergi untuk mendukung program program pemerintah dan menjembatani pola pikir pemerintah ke masyarakat"ujar Hendra.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ipda. Richy Ricardo Sembiring, SH MH kepada Bapak Wakil Ketua DPRD Sumut Irham Buana SH MHum, Bahwa  perlu juga diketahui Presiden Indonesia ke - 5
Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri, 
adalah Ketua Dewan Pembina Pusat Purna Paskibraka Indonesia, yang dimana baru saja dilantik oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, telah memberikan jabatan tambahan, menjadi Ketua Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka.

Hal tersebut tertuang pada Peraturan Presiden No. 51/2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaha. Berdasarkan pasal 2, program paskibraka berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945.

“Dewan pembina sebagaimana dimaksud pada ayat 2 diketuai oleh Ketua Dewan Pengarah Badan,” pasal 14 ayat 4. bahwa bagi Purna Paskibraka Indonesia yang ada di seluruh Provinsi Indonesia terbuka juga untuk  menjadi Duta Pancasila Paskibraka" Tutur  dari Richy Ricardo yang juga sedang mengikuti Program Doktor Ilmu Hukum di Universitas Islam Sultan Agung - Semarang.

Lebih lanjut disampaikan Richy Ricardo bahwa Dewan Pembina Duta Pancasila Paskibraka beranggotakan Kepala BPIP; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; serta Menteri Dalam Negeri.

Organisasi ini berdiri di pusat hingga daerah. Gubernur memimpin Pembina Duta Pancasila Paskibraka tingkat provinsi, sedangkan bupati/wali kota memimpin Pembina Duta Pancasila Paskibraka tingkat kabupaten/kota.

Perpres tersebut juga mengatur pembinaan mantan Paskibraka sebagai Duta Pancasila. Orang yang telah bertugas sebagai paskibraka akan dididik secara khusus menjadi Duta Pancasila oleh BPIP.

"Pembinaan lanjutan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: a. pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila; dan b. pengarusutamaan Pancasila," bunyi pasal 11 ayat (2) perpres itu." Jelasnya.

Sementara wakil ketua DPRD Sumut Irham Buana, menyampaikan rasa senang dan bangganya atas kedatangan pengurus PPI Sumut, dan mengapresiasi rencana kegiatan pelantikan Pengurus PPI Prov Sumut Priode 2021 - 2026 dan Seminar Silahturahmi Nasional ( Silatnas ) Purna Paskibraka Se - Indonesia  yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat tepatnya di bulan oktober 2022.

Irham Buana menyampaikan, Legislatif akan terus berkordinasi dan mendukung program tersebut, demi sukses dan terlaksananya wacana yang telah dirancangkan "bangga bisa bersinergi dengan PPI Sumut, PPI adalah kumpulan pemuda yang intelektual yang berbicara sesuai data dan fakta, senang sekali jika PPI menyatakan akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam berbagai program" tutur Irham Buana mengakhiri.

Sebelumnya, pengurus PPI Provinsi Sumut juga telah beraudensi dengan Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, pada Selasa (5/4/2022) lalu.

Baskami dalam kesempatan itu mendukung program yang diwacanakan PPI Sumut, juga menceritakan, tatkala Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Sukarnoputri menerima penghargaan 'lifetime achievement' Award Bhakti Teratai Putra Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia, 2018 lalu.

Bagaimanapun, Paskibraka ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Ibu Ketua Umum kami. Beliau (Megawati) merupakan anggota pasukan pengibar bendera tahun 1964," katanya.

Setelah selesai bersilaturahmi pengurus PPI Provinsi Sumatera Utara, dan Wakil Ketua DPRD Sumut berfoto bersama.(PS/HS)
Komentar Anda

Terkini: