Bupati Berharap Penerima Tabungan BSPS Segera Bangun Rumah

/ Kamis, 23 Juni 2022 / 22.39.00 WIB

POSKOTASUMA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu SPt MM, berharap agar masyarakat yang akan menerima manfaat program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) bisa membangun rumahnya sesegera mungkin. Dengan demikian, program BSPS bisa berjalan dan tepat sasaran.


“Mudah-mudahan program BSPS ini berjalan dengan baik sehingga, warga bisa merasakan kenyamanan dari rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni,” kata Bupati Dolly, disela-sela penyerahan buku tabungan penerima BSPS Kabupaten Tapsel, di Desa Huraba, Kecamatan Marancar, Rabu (15/6/2022).



Pemkab Tapsel memiliki misi menyejahterakan standar hidup yang layak bagi masyarakat. Misi tersebut meliputi keamanan maupun kenyamanan bagi masyarakat. Maksud dari kenyamanan sendiri yaitu Pemkab Tapsel hadir untuk membantu masyarakat dengan semaksimal Dolly Pasaribu menjelaskan, total masyarakat yang akan menerima manfaat BSPS Kabupaten Tapsel kali ini, ada sebanyak 103 kepala keluarga (KK) dan masing-masing akan mendapat buku tabungan dari bank.

Adapun masyarakat penerima manfaat dari program BSPS antara lain, berdomisili di tiga desa yakni Desa Huta Ginjang, Huraba, dan Tanjung Dolok.



“Pemkab Tapsel memiliki misi menyejahterakan standar hidup yang layak bagi masyarakat. Misi tersebut meliputi keamanan maupun kenyamanan bagi masyarakat. Maksud dari kenyamanan sendiri yaitu Pemkab Tapsel hadir untuk membantu masyarakat dengan semaksimal mungkin, termasuk menyediakan rumah bagi masyarakat kurang mampu. Termasuk juga di dalamnya menyediakan rumah bagi warga di daerah terpencil maupun rumah tidak layak huni,” imbuh Dolly.

Lebih jauh Bupati Dolly merinci, untuk Desa Tanjung Dolok tahun ini yang menerima manfaat program BSPS ada 40 unit rumah. Kemudian, di Desa Huraba 33 unit dan sisanya 30 unit di Desa Huta Ginjang.

Tentunya masih banyak keluarga yang ingin mendapat program BSPS tersebut. Namun dikarenakan Covid-19 yang melanda, maka harus disadari penerima manfaat BSPS juga terbatas.



“Maka dari itu, kami berharap bagi kepala desa di 3 desa tersebut harus memantau dengan serius keberlangsungan program BSPS di desanya masing-masing, supaya rumah para penerima manfaat segera selesai,” harapnya.

Sebelumnya, Koordinator BSPS Kabupaten Tapsel, Ibnu Ihsan Hasibuan, dalam laporannya memaparkan, pihaknya telah menyelesaikan beberapa tahapan dimulai dari sosialisasi, verifikasi, survei, serta saat ini sudah dilaksanakan penyerahan buku tabungan secara simbolis.
Untuk tahapan selanjutnya, pihaknya akan membuat rancangan anggaran bangunan (RAB) dan daftar rencana pembelian bangunan (DRPB) yang akan diminta dari penerima manfaat BSPS. Usai distributor menyerahkan bahan bangunan, kemudian pihaknya akan melanjutkan ke tahapan konstruksi.

“Saya ingatkan kembali kepada penerima manfaat, bahwa program kita ini bukan bantuan bedah rumah tapi BSPS. Karena ada anggapan program ini seperti pada umumnya bedah rumah. Program ini adalah swadaya, artinya Bapak Ibu Sebelumnya, Koordinator BSPS Kabupaten Tapsel, Ibnu Ihsan Hasibuan, dalam laporannya memaparkan, pihaknya telah menyelesaikan beberapa tahapan dimulai dari sosialisasi, verifikasi, survei, serta saat ini sudah dilaksanakan penyerahan buku tabungan secara simbolis.

Untuk tahapan selanjutnya, pihaknya akan membuat rancangan anggaran bangunan (RAB) dan daftar rencana pembelian bangunan (DRPB) yang akan diminta dari penerima manfaat BSPS. Usai distributor menyerahkan bahan bangunan, kemudian pihaknya akan melanjutkan ke tahapan konstruksi.

Tampak hadir, Plt Kadis Perumahan dan Permukiman, Kabag Humas dan Protokol, Sekcam Angkola Timur, Sekcam Marancar, Kacab Bank Mandiri Sipirok, Kades Huraba, Huta Ginjang dan Tanjung Dolok serta warga penerima manfaat program BSPS.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: