Bupati Tapsel Ajak Warga Masyarakat Kembangkan Bawang Merah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

/ Minggu, 21 Agustus 2022 / 14.16.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengajak warga untuk menanam dan mengembangkan bawang merah karena memiliki potensi yang sangat baik dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.


“Panen perdana ini diharapkan bisa meningkatkan minat warga untuk menanam bawang merah dan sekaligus

mensosialisasikan prospek bawang merah yang cukup baik untuk tingkatkan ekonomi,” ujar Bupati pada panen perdana bawang merah, di Kampung Saba Tolang, Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Sabtu (20/8).



Katanya, kehadirannya pada panen perdana itu merupakan wujud perhatian Pemkab Tapsel untuk memajukan perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian. Oleh karena itu, Dia meminta warga Tapsel tidak hanya di Desa Saragodung, agar terus menggali potensi terutama di bidang pertanian, demi kesejahteraan ekonomi kerakyatan.

“Seperti niat saya waktu dulu maju sebagai Bupati, yakni masyarakat adalah ladang amal dan ladang jihad, sehingga segala sesuatu yang saya sentuh dari masyarakat bisa menjadi pahala bagi kami,” jelas Bupati.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan harapannya agar masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan untuk menanami berbagai tanaman obat keluarga seperti halnya, orangtua di masa lalu, yakni tanaman yang sarat akan manfaat yang juga disebut apotek hidup sebagai pertolongan pertama ketika sakit.

Terkait persoalan pupuk yang dikeluhkan masyarakat, ujar Bupati, karena kian sulit dan dibatasi oleh pemerintah, Dia mendorong warga untuk dapat menghasilkan pupuk organik, apalagi di Desa Saragodung tersebut berpotensi hasilkan pupuk organik.


Kepala Dinas Pertanian Tapsel Bismark Muaratua, dalam laporannya mengatakan kegiatan serupa telah dilaksanakan di tiga lokasi. Sedagkan hasil yang dipanen mencapai 25 Ton. Katanya hasil panen tersebut nantinya akan dirata-ratakan dengan jumlah panen dari 13 lokasi yang akan di kembangkan.

Turut menyampaikan sambutan dalam kegiatan itu, Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu dan dihadiri Asisten Administrasi Umum, pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat Sipirok, pengurus PKK Kabupaten, Ketua TP. PKK Kecamatan Sipirok, Ketua TP. PKK Desa Sarogodung, tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Sarogodung, PPL Pertanian, dan Kelompok Tani Desa Sarogodung. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: