Bupati Tapsel: Syukuri Dan Maknai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

/ Minggu, 02 Oktober 2022 / 15.14.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kita patut bersyukur dan berterimakasih kepada pendahulu kita yang telah berhasil mempertahankan Pancasila sebagai satu satunya idiologi bangsa dan negara, sehingga kita bisa bersatu seperti saat ini. Hal ini disampaikan Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, di Lapangan Parade Komplek Kantor Bupati Tapanuli Selatan di Sipirok, Sabtu pagi 1 Oktober 2022.


Pancasila adalah pemersatu kita. Pancasila dengan sila yang luhur, itu yang harus menjadi pedoman kita sehari hari dan harus kita laksanakan," ujar H. Dolly Pasaribu.


Lebih jauh H Dolly Pasaribu menyampaikan, peringatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di jajaran Pemkab Tapanuli Selatan ikut melibatkan masyarakat dan generasi muda seperti pelajar mulai tingkat SD hingga sekolah tingkat menengah.

"Dengan mengikuti upacara ini, kita harapkan anak anak kita, mulai Sekolah Dasar dan sekolah lainnya akan bisa meneruskan apa yang kita laksanakan ini" lanjut Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di Pemkab Tapanuli Selatan ini, lebih spesial dari tahun tahun sebelumnya. 


Kalau biasanya Teks Pancasila dibacakan oleh Bupati Tapanuli Selatan, namun tahun ini dibacakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan Antoni Setiawan, SH. Kemudian Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni, SH dan Ikrar Kesaktian Pancasila dibacakan oleh Ketua DPRD Tapanuli Selatan Abdul Basit Dalimunthe SH.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dengan nilai nilai luhur perjuangan para pahlawan dalam  menegakkan Pancasila, akan menjadi semangat bagi masyarakat dalam membangun Tapanuli Selatan" ujar Kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan Antoni Setiawan, SH.


Sementara itu, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni, SH menyampakan, Pancasila telah mewakili idiologi yang ada, sehingga mampu mempersatukan bangsa dan negara.

"Kita jaga bersama, kita junjung bersama, kita kuatkan bersama Idiologi Pancasila untuk Negara yang lebih maju dan kokoh" sambut AKBP Imam Zamroni, SH.

Selain unsur Forkopimda, Upacara Peringtan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Tapanuli Selatan ini, juga diikuti berbagai lapisan masyarakat, seperti siswa siswi sekolah, pegawai Pemkab Tapsel, Personil TNI, Kepolisian, OKP dan juga undangan lainnya.


Ketua DPRD Tapanuli Selatan Abdul Basit Dalimunthe SH, yang membacakan ikrar Kesaktian Pancasila dalam upacara ini menyampaikan, agar kita jangan lupa sejarah.

"Mengingat kembali nilai nilai perjuangan pahlawan kita, mujahid kita, para guru guru kita, santri santri kita dan para pelajar yang ikut mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dalam idiologi Pancasila," tutur Abdul Basit Dalimunthe SH. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: