Miris, Murid SDN 106179 Limau Manis Dikutip Rp 95.000 Untuk Mengikuti UNBK

/ Rabu, 12 Oktober 2022 / 10.13.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG-Miris,  nasib siswa sekolah dasar yang bersekolah di SDN  106179 Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa  Kabupaten Deli Serdang, harus bayar untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Setiap siswa dibebani sebesar Rp 95.000,_ olah pihak sekolah dengan dalih untuk keperluan sewa perangkat Laptop kepada 35 miris yang akan mengikuti UNBK. 

Hal itu di sampaikan oleh orang tua salah seorang murit .inisial AL kepada media ini senin 10/10/2022.  Selaku orang tua anak saya yang masih SD saya sangat keberatan terhadap pungutan sebesar rp 95000 ini ujar AL dengan nada kesal.kalo bagi orang yang mampu ,itu mungkin tak seberapa ,tapi bagi saya orang yang kurang mampu ,itu sangat memberat kan .tutur AL dengan kesal.

Dan lagi kemana semua dana BOS yang di alokasikan begitu besar ke sekolah itu ,masak untuk mengikuti UNBK , harus di pungut uang untuk sewa laptop kepada murid ",sambung AL.

Menanggapi keluhan orang tua murid ini ,kepala Sekolah SDN 106179 Limau Manis Nurleli SPdi ,membenarkan adanya kutipan sebesar Rp 95000 per murid peruntukannya untuk sewa laptop bagi 35 murid yang akan menyelenggarakan ujian.namun hal itu sudah dirundingkan dengan orang tua murit dan kebanyakan orang tua setuju dengan kutipan itu. Jika tidak demikian coba di pinjam laptop saudara atau siapa saja agar tidak menyewa .begitulah anjuran kami pihak sekolah .ujar kepsek kepada media ini saat di konfirmasi di kantornya.

Sesaat setelah wartawan media ini kembali tiba tiba seorang wali kelas  mengirim pesan kepada seluruh orang tua murid melalui pesan whatsaap  berisi MAAF SEBELUM NYA ,BAGI ORANG TUA YANG SUDAH MENITIP KAN UANG NYA UNTUK MENYEWA LAPTOP KEPERLUAN UNBK ,SILAHKAN DI AMBIL KEMBALI KARNA ADA WARTAWAN YANG DATANG MEMPERTANYAKAN PRIHAL KUTIPAN ITU KE PIHAK SEKOLAH ,UNTK LAPTOP NYA SILAH KAN DI USAHAKAN MASING MASING MURID. demikian pesan salah seorang wali kelas melalui whatshaap kepada masing masing murid.

Menanggapi adanya kutipan ini kabid kurikulum dinas pendidikan Kab Deli Serdang ,Samsuar sinaga .akan memanggil oknum kepsek dalam waktu dekat ,saya akan pertanyakan dan panggil kepsek ini bang ,karena tidak di benarkan adanya kutipan seperti itu .ujar Samsuar saat di konfirmasi melalui telepon selularnya. (PS/P Limbong)

Komentar Anda

Terkini: