Pemkab Tapsel Dukung Kopi Sipirok Menuju Nikmat Cita Rasa Nusantara

/ Selasa, 04 Oktober 2022 / 20.47.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemkab Tapsel dukung kopi Sipirok menuju kopi nikmat cita rasa Nusantara dengan didaftarkannya uji cita rasa Kopi Sipirok di pusat penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur dalam rangka perlombaan uji citarasa se-Indonesia.

“Alhamdulillah posisi sekarang Kopi Sipirok diperingkat 50 dari 410 peserta. Finalnya nanti pada 25 Oktober 2022. Kita doakan cita rasa Kopi Sipirok ini diakui penikmat kopi Nusantara dan nantinya dunia,” ujar Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, usai jalan santai di Kecamatan Batang Toru, Minggu (2/10) pagi.


Bupati berharap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Tabagsel sama-sama kompak dan berpadu menuju Kopi yang punya cita rasa Nusantara. Para pelaku UMKM dari hulu ke hilir, diharapakan saling bekerja sama, mendukung satu sama lain demi menciptakan satu padu menuju cita rasa Nusantara.


Sebelumnya, jalan santai merupakan kegiatan lanjutan sejak pekan lalu. Kegiatan juga diisi dengan kerja bakti massal untuk benahi seluruh desa dalam rangka mendukung Batang Toru menuju kecamatan terbaik Sumatera Utara tahun 2022.


Kegiatan itu juga melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dengan rute perjalanan dari Kantor Camat setempat dan berakhir di Kantor PTPN III Batang Toru, selama satu jam berjalan kaki sembari menyapa warga.


Ada keunikan tersendiri dalam kegiatan tersebut, orang nomor satu ditapsel trsebut memakai kaos bertuliskan Coffee Sipirok Cita Rasa Nusantara. Hal ini membuat para wartawan bertanya. Bupati mengungkapkan kaos yang dikenakan itu merupakan bentuk peran pemerintah Tapsel dalam memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober 2022.


“ ini wujud perhatian terhadap Kopi Sipirok kebanggaan Tapsel. Di samping itu pemerintah juga berupaya dan berbenah untuk meningkatkan mutu serta cita rasa Kopi Sipirok menjadi cita rasa Nusantara,” ungkap Dolly.


Nanang Gunawan, Ketua Kelompok Tani Maju Jaya yang hadir mengikuti kegiatan itu mengungkapkan, dengan hadirnya Pemkab Tapsel, usaha yang dikelolanya mulai bangkit dan menjadi Kopi andalan.


“Dengan hadirnya Pemerintah sekarang ini kami sangat terbantu dalam pengembangan kopi Tani Maju Jaya ini. Dan Alhamdulillah Maju Jaya Kopi sudah mendapatkan sertifikat halal,” ujarnya.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: