Pelaku UMKM & Nelayan Terima Bansos, Bobby Nasution : Ambil Seluruhnya Tanpa Potongan Administrasi

/ Jumat, 07 Oktober 2022 / 14.44.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-Medan- Pemko Medan menyerahkan bantuan sosial (Bansos) untuk pelaku UMKM dan nelayan. Untuk membantu masyarakat yang terdampak pengurangan subsidi BBM yang dilakukan pemerintah sekaligus mengendalikan inflasi, sebanyak 17.000 pelaku UMKM penerima manfaat dan untuk nelayan sebanyak 3000 penerima manfaat.

Dengan besaran bansos Rp.500.000 untuk tiga bulan, Walikota Medan Bobby Nasution meyerahkan langsung bansos disela-sela penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) Pemko Medan dengan Grab di halaman Kantor Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Belawan Jalan Chaidir, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (5/10).

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini dapat memberikan manfaat bagi warga yang menerimanya. Sebab, bantuan ini bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup namun untuk memastikan ekonomi di Kota Medan tetap berjalan,” kata Bobby Nasution.

Disamping memberikan dana bantuan, Pemko Medan juga memberikan bantuan berupa alat-alat usaha yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Pengambilan bantuan melalui Bank Sumut karena Pemko menyalurkan melalui bank tersebut.

“Saya informasikan bagi yang belum memiliki rekening Bank Sumut maupun yang sudah, tetap harus datang ke Bank Sumut mengambil uangnya secara tunai. Duitnya langsung diambil semua ya, jangan dicicil mengambilnya. Apabila dalam dua bulan tidak diambil, uangnya akan dikembalikan kepada Pemko Medan. Sebab, bantuan yang diberikan tersebut untuk tahun 2022,” jelas Walikota.

Dengan mengenakan jaket dan helm grab dari Masjid Jamik Hanafiah, Bobby Nasution bersama Director of Grab West Teritory Zefanya Richard Aditya mengendarai sepeda motor dengan menuju lokasi acara. Medan itu mendapat aplaus meriah dari nelayan dan pelaku UMKM. 

Setelah itu Wali Kota dan Director of Grab West melakukan penandatanganan MoU disaksikan Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Lili Aprilia Pregi, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat, Kajari Belawan Nusirwan Sahrul SH.,MH, Direktur Pemasaran PT Bank Sumut Hadi Sucipto, Retail Financing Business Deputy Region Office 2 Medan PT Bank Syariah Indonesia Ahmad Widodo, Pemimpin Cabang PNM Medan Alfian Langkamane, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara Raden Harry Agung Cahya serta Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Benny Iskandar Nasution.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sebagai representative Kerjasama antara Pemko Medan dan Grab berupa 100 paket sembako, 62 paket alat sekolah dan 25 paket kesehatan berupa stethoscope, tensi meter dan standing temperature. Kemudian dilanjutkan penyerahan bantuan dari BPPP Medan berupa 4 paket alat tangkap berupa Jaring Gilnet, 5 paket alat pengolahan mie dan 500 kilo ikan konsumsi, serta bantuan peralatan bagi pelaku UMKM sebesar Rp.507.690.00.  Kemudian, Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan UKM memberikan bantuan uang sebesar Rp.500.000 untuk 16.000 pelaku UMKM dengan total bantuan yang diberikan Rp.8 miliar. Lalu, Dinas Pertanian dan Perikanan memberikan bantuan 50 bibit kelapa genjahpandan wangi, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan secara simbolis program Perlindungan Sosial kepada nelayan dengan total bantuan Rp.3 miliar serta pemberian jaminan kecelakaan yang mengalami korban jiwa kepada pekerja sebesar Rp.42.000.000 untuk dua orang. Selain itu, PNM juga memberikan bantuan modal sebesar Rp.155.000.000 kepada 4 kelompok usaha. (PS/RONY)
Komentar Anda

Terkini: