Longsor Jalan Nasional Sumut- Aceh

/ Senin, 21 November 2022 / 08.19.00 WIB

Kepala BPBD Pakpak Bharat Himbau Masyarakat Waspadai Bencana Alam

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT -Bencana alam berupa tanah longsor dan pohon tumbang kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat. Hujan deras yang berkepanjangan menyebabkan tanah longsor di Desa Sukarame, Kecamatan Kerajaan. Masyarakat disekitar menjelaskan bahwa tanah longsor yang menutup badan jalan Nasional penghubung Sumut-Aceh ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Selain tanah longsor, beberapa pohon tumbang juga melintang dibahu jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si yang mendapat laporan segera mengambil tindakan cepat. Pihaknya yang sudah terbiasa dengan situasi kedaruratan serupa langsung mengkoordinir anak buahnya, mengerahkan peralatan berat BPBD guna mempercepat penanganan longsor serta menormalisasi jalan vital ini.

Tadi pagi sekitar pukul 11.00 WIB kita menerima laporan adanya longsor ini, sekitar jam 12.00 kita sampai dilokasi, bersama masyarakat kami memotong pohon tumbang untuk memudahkan Bachoe loader bekerja memindahkan material longsoran, jelas Augusman Padang.

Sementara itu Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Rocky H Marpaung yang mengetahui adanya bencana alam ini turut memobilisasi jajaranya, membantu menormalisasi jalan serta mengatur arus lalu lintas.

Saat ini kami berada dilokasi titik longsor, tepatnya di titik km 162-163, kami menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk tetap mentaati peraturan, tetap antri, sementara longsor ini sedang kami tangani bersama BPBD Pakpak Bharat, teman-teman TNI, dari Tagana, serta seluruh masyarakat yang membantu kami, untuk sementara longsor bisa kita tangani dan kita pergunakan satu jalur, sementara kami tangani terus bersama tim yang ada, kita berharap upaya penanganan dapat segera selesai dan para jalan ini dapat dipergunakan lagi seperti biasa, jelas Kapolres di lokasi kejadian.

hampir enam jam Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat bersama masyarakat, TNI/Polri berupaya keras membersihkan material longsoran di badan jalan Nasional Sumut-Aceh di Desa Sukarame, Kecamatan Kerajaan.

Longsor yang terjadi akibat hujan deras ini sempat memutus akses jalan penghubung Sumut-Aceh ini selama beberapa jam.

Hingga menjelang malam, tim BPBD bersama masyarakat, TNI/Polri serta Tagana masih berupaya membersihkan material longsoran.

Untuk sementara diberlakukan skema buka tutup guna membantu masyarakat dan pengguna jalan sampai upaya penanganan yang diperkirakan hingga pukul 18.00 sore ini selesai dikerjakan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kepala Pelaksana BPBD Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang, ST, M.Si menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap bencana longsor dan pohon tumbang mengingat kondisi geogerafis Kabupaten Pakpak Bharat yang dinilai rentan terhadap bencana alam dimaksud. (PS/K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: