Antisipasi Wabah DBD, Dinkes Labuhanbatu Diminta Lakukan Fogging di Panai Hulu

/ Jumat, 02 Desember 2022 / 21.40.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Untuk mengantisipasi dan mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Panai Hulu khususnya Ajamu, masyarakat meminta Dinas Kesehatan Labuhanbatu untuk segera melakukan pengasapan (Fogging).

"Fogging atau pengasapan cara yang bisa mengantisipasi juga mencegah mewabahnya DBD di Kecamatan Panai Hulu khususnya Desa Perkebunan Ajamu. Untuk itu, Dinkes Labuhanbatu harus segera melakukan fogging secepatnya," pinta Juah Tarigan, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jum'at (2/12/2022).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Labuhanbatu itu juga mengatakan, selain fogging, masyarakat juga perlu mendapatkan bubuk abate untuk membasmi perkembangbiakan jentik nyamuk.

" Cuaca ekstrim, hujan panas silih berganti di Kecamatan Panai Hulu saat ini membuat perkembangbiakan jentik nyamuk menjadi cepat. Sebelum jatuh korban mewabahnya DBD, Dinkes Labuhanbatu harus sigap dengan cara secepat melakukan fogging," tegas Juah.

Informasi dihimpun, sejumlah warga Desa Perkebunan Ajamu  telah terjangkit wabah DBD. Usia warga terjangkit DBD mulai anak-anak, orang dewasa hingga orang tua bahkan, ada warga dalam perawatan intensif (opname) akibat terjangkit wabah DBD.

Menurut Fitra,Sekretaris Desa Perkebunan Ajamu, Jum'at (2/12/2022) mengatakan bahwa, pihak telah mengajukan ke Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas untuk segera melakukan pengasapan. Namun, hingga sampai ini UPT Puskesmas Panai hulu belum menanggapi pengajuan tersebut belum direalisasikan.

UPT Puskesmas Panai Hulu maupun Dinkes Labuhanbatu belum memberikan klarifikasi terkait perihal permintaan masyarakat agar secepatnya melakukan fogging.(PS/DB).

Komentar Anda

Terkini: