Dihadiri Para Ulama Se-Kabupaten Kampar, Dr Kamsol Buka Ijtima' Ulama ke-IX dan Musda MUI Kampar

/ Selasa, 27 Desember 2022 / 14.40.00 WIB

 . 

POSKOTA SUMATERA. COM - BANGKINANG KOTA - Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM secara resmi membuka langsung Ijtima' Ulama ke-IX dan Musyawarah Daerah (Musda) Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kampar, di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, selasa (27/12/2022). 

Dihadapan para Ulama dan Wakil Ketum MUI Pusat Dr. Anwar Abas, MA, Dr. H. Kamsol, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa dia yakin dan komitmen, bahwa MUI dan seluruh ormas Islam yang ada di Kabupaten Kampar harus dilindungi oleh pemerintah daerah. 

Dimana ormas Islam adalah salah satu elemen sebagai penopang pembangunan Kabupaten Kampar, sekaligus sebagai penyejuk ditengah masyarakat. 

Dengan demikian, Dr. Kamsol mengajak semua ormas yang ada di kabupaten Kampar untuk bersatu padu, ibarat pepatah Kampar, "Tali Bapilin Tigo, Tigo Tungku Sajoghangan" karena dalam falsapah tersebut terdapat salah satu  Ulama. 

Untuk itu, Kamsol menyampaikan bahwa peran ulama sangat dibutuhkan ditengah masyarakat. Ini tugas ulama dengan berkaloborasi masuk ke daerah pelosok kampar, dalam memberikan pemahaman tentang agama. 

Kemudian melalui Musda MUI ini, Kamsol juga berharap agar nantinya bisa memilih ketua, dan pengurus yang tepat tampa ada embel unsur politik. 

Dengan pengurus yang baru, nantinya diharapkan juga bisa menghasilkan rekomendasi kepada pemerintah untuk mengambil kebijakan, atau keputusan dalam berbagai permasalahan yang terjadi ditegah masyarakat."ucap Kamsol". 

Sementara itu hal senada juga disampaikan Ketua MUI Kampar Dr. Mawardi Muhammad Saleh, Lc, MA, bahwa sesuai dengan adat istiadat di kabupaten Kampar yakni Tali Bapilin Tiga, bahwa seluruh elemen masyarakat yang menjadi panutan bagi masyarakat telah hadir, diantaranya Kepala Daerah Bupati Kampar, Tokoh Masyarakat serta yang ketiga adalah alim ulama yang melengkapi adat istiadat tersebut. 

Untuk diketahui, bahwa hal diatas sesui dengam tema Musda ini, " Revitalisasi peran Ulama dan Umara' dalam memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa". Dimana Peran Ulama menegakkan Amar makruf dan mencegah Nahi mungkar. "Jelas Mawardi". 

Terakhir Mawardi juga menyampaikan, bahwa dalam pembukaan Ijtima' Ulama ke-IX dan Musda MUI tersebut, hadir juga Kepala Kemenag Kampar H. Ahmad Fuadi,  Ketua Umum Harian MUI Riau Drs H Afrizal, Dandim 0313/KPR diwakili Mayor Inf Yuhardi, Kapolres Kampar diwakili AKP Era Maifo,SH, para Pimpinan Pondok, serta para Ketua MUI se-Kabupaten Kampar.(PS/NURMAN).

Komentar Anda

Terkini: