Natal Oikumene BKAG Labuhanbatu Berlangsung Meriah dan Penuh Sukacita

/ Jumat, 02 Desember 2022 / 23.15.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - 
Kerinduan merayakan natal bersama setelah beberapa tahun tidak merayakan natal semasa covid dirasakan masyarakat pada perayaan natal oikumene Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Labuhanbatu, terlihat ribuan umat kristiani hadiri natal oikumene di Gedung Olah Raga Labuhanbatu Jalan W.R Supratman, Jumat (02/12/2022).

Kemeriahan dan sukacita diwarnai dengan kerja keras yang luar biasa dari panitia dalam mengisi acara kegiatan natal oikumene tersebut. Panitia menghadirkan bintang tamu pengisi hiburan dari El Gio Voice, Nazugul Trio, Haloho Sister, Tarian Tamborin, dan yang paling menyemarakan  yaitu hadiah dari lucky draw yang mana hadiah utama satu unit sepeda motor honda beat, hadiah kedua satu unit kulkas sharp dua pintu, ketiga satu unit sepeda gunung, dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Perayaan natal Oikumene diawali dengan barisan prosesi, kemudian penyalaan lilin dari pengkhotbah, forkopimda dan organisasi yang hadir dan selanjutnya masuk ibadah natal.

Tema Natal tahun 2022 yang ditetapkan PGI yaitu "Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain (Matius 2:12)", dengan Sub Tema : "Dengan Natal Gereja Meningkatkan Perannya Dalam Melayani dan Saling Menolong".

Ibadah natal dipandu oleh Liturgos Praeses Pdt.Agustinus Gea,S.Th dengan Pengkhotbah Ephorus B.B.Simanjuntak,S.Th dan pembawa acara Yuniman Zebua,S.E,M.M, Kristin Siagian, Beben Sinaga.

Ephorus B.B.Simanjuntak,S.Th dalam renungan natal menyampaikan natal adalah kesempatan untuk menyembah kepada Tuhan. Menyembah dengan benar, dengan motivasi yang benar dan tujuan yang benar pula. 

"Pada natal malam ini adalah anugrah Tuhan yang luar biasa bagi kita umat kristiani. Dimana kita bisa merayakan natal dengan tatap muka. Berkaitan dengan itu, pada malam natal ini menjadi kesempatan untuk kita menyembah Tuhan dengan tujuan yang benar. Selain dengan tujuan yang benar kita diingatkan dengan pentingnya motivasi yang benar. Sekalipun banyak tantangan yang kita hadapi dalam hidup. Hanya satu tujuan kita yaitu berjuang bertemu dengan Tuhan Yesus," ucapnya.

Ephorus B.B.Simanjuntak juga mengatakan natal adalah kesempatan untuk memberi. Seperti orang majus yang datang mencari Yesus dan mereka menyembah memberikan persembahan Kemenyan, Emas dan Mur.

"Melalui natal ini kita diajarkan untuk memberi. Bagaikan orang majus yang membawa persembahan. Apa yang bisa kita lakukan sebagai hadiah natal, mari kita persembahkan yang terbaik untuk Tuhan.

Natal menjadi kesempatan untuk saling peduli. Peduli kepada orang lain. Saling menopang. Sesama gereja harus saling bekerjasama. Tidak ada diskriminasi. Natal juga kesempatan memberitakan kabar baik kepada dunia dilingkungan kita sehari-hari. Kiranya kasih Kristus membaharui hati kita, membaharui tingkah laku kita, dan membaharui hidup kita," tutupnya mengakhiri.

Pada kesempatan itu, Ketua panitia natal Ls Bindu Siahaan,S.E dalam laporannya mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya natal oikumene BKAG dengan penuh sukacita, meriah dan penuh hikmat.

"Kita patut bersyukur kita bisa merayakan natal pada tahun ini dengan penuh sukacita meriah dan penuh hikmat. Terimakasih atas kerjasama dari panitia yang luar biasa dan juga dukungan dari pemerintah Kabupaten Labuhanbatu serta para donatur yang sudah memberikan lucky draw memeriahkan natal oikumene pada malam ini," ucapnya.

Ia berharap kiranya kebersamaan kerjasama denominasi gereja-gereja yang tergabung dalam BKAG dan masyarakat yang ada di Kabupaten Labuhanbatu tetap terjaga baik kedepannya.

Sementara itu, Ketua umum BKAG Labuhanbatu Pdt.Omson Simamora,M.Min,M.Th dalam sambutannya menyatakan siap mendukung seluruh program Bupati Labuhanbatu demi kesejahteraan masyarakat Labuhanbatu.

"BKAG akan siap mendukung program Bupati Labuhanbatu kedepan. Dalam hal ini juga kami menyampaikan beban BKAG dan juga masyarakat kristen kepada Bapak Bupati mengenai tanah wakaf pekuburan masyarakat kristen yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, mengingat tanah wakaf pekuburan yang digunakan selama ini sudah tidak luas lagi," ucapnya.

Bupati Labuhanbatu dalam sambutannya yang diwakili Kaban Bappeda Hobol Z Rangkuti menyampaikan dengan kesatuan tokoh-tokoh dan pemuka antar denominasi gereja melalui BKAG Labuhanbatu serta seluruh jemaat ia merasa optimis dapat menjaga kerukunan beragama yang baik, solidaritas dan toleransi dengan sesama pemeluk agama.

Melalui momen natal ini, ia juga mengajak untuk memperbaharui semangat pengharapan didalam hati masing-masing dan kembangkan semangat solidaritas saling berbagi khususnya bagi yang membutuhkan.

"Mari jadikan momen natal ini untuk memperbaharui semangat pengharapan didalam hati masing-masing, membangun semangat kebersamaan dan kembangkan semangat solidaritas saling berbagi khususnya bagi yang membutuhkan," ujarnya.

Acara natal berjalan lancar dan meriah. Turut hadir dalam acara ini perwakilan Bupati Labuhanbatu, perwakilan DPRD Labuhanbatu, Polres Labuhanbatu, Kodim 0209/LB, perwakilan Pengadilan Negeri Rantauprapat, perwakilan dari Kejaksaan, perwakilan Bank Sumut, DPC GAMKI, Pejuang Batak Bersatu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para jemaat dari berbagai denominasi gereja.

(PS/ Messo Gulo )


Komentar Anda

Terkini: