SMA N 6 P.Sidempuan Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

/ Rabu, 21 Desember 2022 / 13.56.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-SMA Negeri 6  Padang Sidempuan  mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)  yang akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2023/2024.

Kesiapan sekolah dalam mengimplementasi kurikulum mempengaruhi arah pendidikan di satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka sebagaimana tertuang dalam Kepmendikbudristekdikti No. 56/M/2022 berorientasi pada minat dan potensi murid. Struktur kurikulum yang berubah membuat guru sebagai penyelenggara kurikulum harus segera membenahi pengetahuan agar nantinya ketika tahun ajaran baru di bulan Juli 2023 seluruh perangkat sekolah sudah siap mengimplementasi Kurikulum Merdeka.


Demikian disampaikan Kepala SMA N 6 P.Sidempuan Ahwin Daulay S.Pd M.Si kepada awak media usai acara IKM Di SMA N 6 P.Sidempuan Selasa (20/12).

Disampaikan peserta dalam kegiatan tersebut pesertanya seluruh guru SMA N  6 Padangsidimpuan sebanyak 98 orang.

Dijelaskan Kasek," kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal sampai dengan 18 sampai 20 Desember 2022 menghadirkan narasumber Drs.Rasmin Simbolon, M.Pd dari Provinsi Sumatera Utara. 

Saya sangat senang dalam melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru guna menghadapi kurikulum baru bagi peserta didik baru di kelas X nanti," ujar Kasek.
 
Kepala Sekolah berharap nanti  paparan dari nara sumber bisa dilaksanakan dalam proses belajar mengajar," harapnya.

Selanjutnya Kegiatan workshop implementasi kurikulum merdeka dibuka oleh Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Prov.Sumatera Utara Marwan Fauzi S.Sos  yang diwakili ketua MKPS Drs. H.Zainal Abidin Lubis.

Dalam pemaparannya  menjelaskan bahwa esensi dari kurikulum merdeka bukan hanya kecakapan siswa dalam materi ajar seperti selama ini berlangsung. Namun juga murid diharapkan memiliki kemampuan soft skills setelah menamatkan pendidikan terutama di bidang SMA. Karena itu selain intrakurikuler, kurikulum merdeka menekankan pada kemampuan murid dalam membuat suatu proyek dalam ranah penguatan profil pelajar pancasila.

Dengan mengharap ridho Allah SWT dengan mengucapkan bismilahirrohmanirrohim kegiatan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka secara resmi saya buka.(PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: