Ketua DPRK Lhokseumawe, KADIN Mitra Strategis Pemerintah Ciptakan Lapangan Kerja

/ Minggu, 01 Januari 2023 / 09.59.00 WIB
Ismail A Manaf | Ketua DPRK Lhokseumawe

POSKOTASUMATERA.COM| LHOKSEUMAWE - Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail A Manaf, awalnya menjelaskan Kadin merupakan organisasi yang mewadahi para pengusaha, sekaligus mitra strategis Pemerintah untuk pengembangan dunia usaha dan dalam menciptakan lapangan kerja.

Karena itu, Kadin Lhokseumawe memiliki tanggung jawab untuk mendorong perbaikan iklim investasi khususnya di Lhokseumawe. Menurutnya, salah satu isu penting perlu mendapat perhatian serius Kadin Lhokseumawe sekarang ini adalah penguatan usaha lokal, khususnya sektor UKM dan UMKM.

Ismail A Manaf mendukung penuh rencana ketua Kadin Kota Lhokseumawe dalam membuat draf undang undang (qanun ) yang akan menjadi regulasi khusus dalam bidang usaha perdagangan dan industri yang dapat menguntungkan perusahaan lokal di kota Lhokseumawe.

Langkah ini ditempuh akibat banyaknya perusaan luar yang keluar sebagai pemanang bidang kontraktor dan supplair di Pemerintahan maupun di perusahaan eksplorasi minyak dan gas yang ada di Aceh, sehingga perusahaan lokal hanya jadi penonton, ujar Ismail dalam forum silaturrahmi ketua Kadin dengan sejumlah Asosiasi di D' Royal.Coffee Lhokseumawe,

Bila nantinya lahir regulasi baru yang digagas oleh ketua Kadin Lhokseumawe, maka akan berdampak positif terhadap kehidupan perusahaan lokal. "Seluruh pengusaha lokal yang tergabung dalam Asosiasi pengusaha sepakat mendukung lahir nya qanun khusus tentang pemetaan bagi perusahaan lokal," terangnya.

Menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin kita lakukan untuk membuat sebuah regulasi khusus untuk pembatasan bagi perusahaan luar. Secara teknis kita akan menghadirkan pakar hukum dan advokasi agar dapat melahirkan sebuah aturan baru sesuai dengan implementasi Undang undang Pemerintahan Aceh (UUPA), Ungkap Ismail.

Kita berharap, dibawah kepemimpinan ketua Kadin Lhokseumawe Muhammad Amany dan didukung oleh sejumlah Asosiasi pengusaha di Lhokseumawe akan dapat melahirkan qanun baru yang dapat menguntungkan perusahaan lokal.

"Semua bisa kita lakukan perubahan, dan perbaikan demi kepentingan bersama, hanya quran dan hadist yang tidak bisa kita rubah," ujar Ismail yang mendapat aplus dari semua yang hadir

"Dimasa pandemi Covid-19, harus kita akui banyak pengusaha lokal yang harus gulung tikar. Karena itu, Kadin sebagai pengayom para pengusaha dituntut dapat menjalankan perannya dalam rangka mendukung pengusaha lokal untuk mampu bangkit kembali," ujarnya.

Muhammad Amany selaku pengusaha muda asal Muara Satu terpilih sebagai Ketua Kadin Lhokseumawe Periode 2022-2027, dalam Musyawarah Kota (Muskota) ke IV, yang berlangsung di aula Setdako Lhokseumawe beberapa waktu lalu.

Dijelaskan juga, di Lhokseumawe kini sudah ada KEK Arun dan sejumlah sarana usaha lainya. Karena itu diharapkan pada ketua baru dan anggota Kadin Lhokseumawe dapat merangkul lebih banyak pengusaha untuk berinvetasi di Lhokseumawe.

Terakhir, orang nomor satu di Parlemen Kota Lhokseumawe itu mengharapkan agar Ketua Kadin Lhokseumawe harus mampu menjalin kemitraan dengan berbagai penggerak ekonomi lainnya, seperti perbankan, dan lainnya.

"Terpenting yang perlu saya ingatkan, supaya berhasil dalam menjalankan bebargai program kerja, Kadin Lhokseumawe harus kompak. Utamakan musyawarah untuk memperkuat soliditas organisasi.

Bangun kemitraan semua lini, sehingga peran Kadjn dapat dirasakan nyata bagi perkembangan usaha dan invetasi di Kota Lhokseumawe," pungkas Ismail A Manaf.

Sebelumnya, Muhammad Amany awalnya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan para anggota Kadin Lhokseumawe kepada dirinya untuk memimpin Kadin Lhokseumawe hingga lima tahun kedepan.

"Pastinya amanah ini akan saya jalankan dengan segenap kemampuan terbaik saya," tegasnya.

Muhammad Amany mengaku memiliki mimpi besar ingin memajukan industri di Lhokseumawe, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Lhokseumawe.

"Lhokseumawe memiliki semua instrumen untuk kemajuan daerah. Kita memiliki pelabuhan, pembangkit listrik yang cukup besar, sumber energi Gas Alam di PAG. Dengan bersinergi pengusaha dan pemerintah, saya rasa mimpi ini akan jadi kenyataan nantinya," paparnya.

Terkait program yang akan dijalankan, menurut Muhammad Amany, tentunya akan sejalan juga dengan program Kadin Aceh. "Mudah mudahan Lhokseumawe akan lebih maju kedepannya," pungkasnya. (Adv)
Komentar Anda

Terkini: