Sekretaris Komisi A Minta Pejabat Dilantik Mampu Realisasi Anggaran 2023 Tepat Sasaran

/ Senin, 02 Januari 2023 / 09.49.00 WIB
Sudirman Amin | Sekretaris Komisi A

POSKOTASUMATERA.COM|LHOKSEUMAWE - Sekretaris Komisi A DPRK Lhokseumawe Sudirman Amin yang menaungi bidang pemerintahan mengharapkan kepada semua Pejabat Esalon II dan Esalon III yang dilantik oleh  Penjabat (Pj) Walikota Lhokseumawe Dr Drs Imran MS.i MA.Cd  agar dapat bekerja dengan baik, tepat sasaran, profesional dan akuntabel.

Disamping dapat melakukan percepatan realisasi belanja anggaran tahun 2023 secara efektif, efisien, tepat sasaran, dan bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat di kota Lhokseumawe

Langkah ini ditempuh untuk menekan angka inflasi wilayah kerja pemerintahan kota Lhokseumawe, demikian ungkap Sudirman Amin kepada media ini di Lhokseumawe kemarin.

Menurut Legislator Nasdem ini, Pengembangan ekonomi kerakyatan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai aktivitas pembangunan khususnya di bidang ekonomi. Pengembangan ekomomi kerakyatan dengan memanfaatkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah selama ini belum memberikan dampak yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Lhokseumawe.

Sehingga melalui kinerja sejumlah pejabat baru di Pemko Lhokseumawe akan mampu melihat sejauh mana pengembangan ekonomi kerakyatan serta dapat merumuskan strategi pengembangan ekonomi kerakyatan di Lhokseumawe, ujar Sudirman.

Lanjut Sudirman, ketika kita menggunakan data primer dan sekunder. Maka menunjukan pengembangan ekonomi kerakyatan di kota Petro Dollar belum dapat dilaksanakan secara maksimal karena dipengaruhi oleh beberapa kelemahan dan kendala teknis lainnya seperti kekurangan modal usaha, peralatan yang masih sederhana, kualitas dan kuantitas produk yang rendah.

Pengembangan ekonomi kerakyatan dapat dilakukan dengan memanfaatkan peran Usaha mikro dan menengah dan Koperasi/KUD karena masyarakat dengan mudah dapat dilibatkan dalam kedua wadah ekonomi tersebut.

Peningkatan kualitas dan kuantitas  produk lokal agar dapat bersaing dengan pasar regional dan internasional, pemberian dana stimulan untuk modal usaha bagi para pelaku ekonomi rakyat dengan memanfaatkan dana OTSUS, dan APBN, terang Sudirman.

Peningkatan SDM pertanian melalui dukungan sektor swasta (mitra usaha) dan permodalan  dari lembaga perbankan. Untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki dalam pengembangan ekonomi kerakyatan maka dapat dilakukan melalui Meningkatan kuallitas SDM pelaku ekonomi rakyat  melalui pendidikan non formal/pelatihan, pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan bagi para tenaga pendamping, pemberian modal usaha dan peralatan pertanian dengan memanfaatkan teknologi tepat guna (TTG).

Meningkatkan peran Usaha Mikro Kecil Menengah dan koperasi sampai ke seluruh kecamatan, Pemanfatan dana program untuk kegiatan ekonomi produktif. Kebijakan pengembangan ekonomi kerakyatan memiliki peluang berupa meningkatkanya kualitas dan kuantitas produk lokal yang berdaya saing, masyarakat tidak selalu mengantungkan pada bantuan modal pemerintah, pelaku ekonomi kerakyatan tidak selamanya tergantung pada tenaga pendamping, beber Politisi senior dari Partai Nasdem.
Sejumlah pejabat esalon II dan III yang Dilantik

Sementara itu Pj Walikota Imran, sesuai arahan Mendagri yang menjadi fokus utama yang harus kita lakukan adalah terkait isu Inflasi dan isu kesehatan. Periode terakhir kemarin kota Lhokseumawe mampu menekan Inflasi, begitu juga untuk angka stunting dan polio di Lhokseumawe masih posisi normal.

Oleh karenanya kepada Pejabat yang telah dilantik bisa memberikan perhatian khusus terhadap Inflasi dan isu kesehatan di Lhokseumawe. “Saya minta untuk memberi perhatian, dan menempuh berbagai upaya dalam rangka penurunan angka stunting dan Inflasi,” kata Walikota Imran.

"mengoptimalkan peran OPD, serta terus lakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, dan lain sebagainya agar berjalan realisasi program dinas sesuai tupoksi masing masing, jelas Walikota Imran.

Kemudian, tambah dia, para Pejabat Pemko Lhokseumawe agar mampu menyukseskan persiapan pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. ungkapnya.

Dr Imran mengharapkan saudara yang dilantik bisa membangun team work yang kompak agar semua program terbaik bisa berjalan, khususnya  bidang pendidikan, infrastruktur, bidang kesehatan dan pendidikan keagamaan atau pendidikan dayah, ujar Dr Imran mengakhirinya.

Adapun nama nama Pejabat yang dilantik hari ini adalah 10 pejabat eselon II yang dilantik, Munir, S.Sos., M.S.M., dilantik menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), sebelumnya menjabat Sekretaris Disdukcapil, Ir. Mehrabsyah, M.M., Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama, sebelumnya Pelaksana pada Bagian Organisasi Setda.

M. Amin, S.E., Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSIPD), sebelumnya Staf Ahli Bidang Keistimewaan, SDM, dan Kerja Sama, Misran Fuadi, S.Ag., M.A.P., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), sebelumnya Kepala DSIPD, Dr. M. Irsyadi, S.Sos., M.S.P., Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), sebelumnya Kepala DPK.

Ir. Marwadi Yusuf, M.Si., Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan (DKPPP), sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Salahudin, S.ST., M.S.M., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB), sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Dra. Maryana Affan, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK), sebelumnya Kepala DPPPAPPKB, Amiruddin, S.H., M.H., Kepala Dinas Perhubungan, sebelumnya Kepala DPMPTSPTK, Mulyanto, S.Sos., Kepala Bappeda, sebelumnya Kadis Perhubungan.

Sementara itu tiga orang tetap dipertahankan pada jabatannya, yaitu Dr. Ir. Tgk. H. Anwar Ali, S.T., M.T., M.Ag., IPU.AER. (Asisten Perekonomian dan Pembangunan); Safaruddin, S.T., M.T. (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat); dan Zulkifli, S.Ag., M.Pd. (Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah).

Hasil pantauan media ini, terlihat proses pelantikan diawali dengan pertanyaan Pj Walikota Lhokseumawe Dr Imran kepada seluruh pejabat yang akan dilantik itu untuk ketersediaannya memangku jabatan yang akan diamanahkan nanti kepadanya.

Pelantikan dan sumpah hari ini bagi 10 Pejabat esalon II dan 28 orang esalon III selain disaksikan oleh seluruh tamu dan undangan juga disaksikan oleh Allah SWT, oleh karena itu, saudara benar benar harus komitmen melaksanakan amanah ini nantinya dalam bertugas. (Adv)



Komentar Anda

Terkini: