Tiga Kecamatan Raih Piagam Bebas ODF, Tahun 2023 ditargetkan Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten Sehat.

/ Kamis, 05 Januari 2023 / 20.52.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA. COM - BANGKINANG  KOTA - Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kampar, Ir. Azwan,M.Si memimpin rapat percepatan Desa Open Defecation Free (ODF) menuju Kabupaten/Kota Sehat 2023 yang di laksanakan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar, Kamis siang (5/1/2023). 

Penilaian ini dilakukan satu kali dalam 2 tahun, dari penilaian ini ada tiga kecamatan menjadi kecamatan ODF ( Bebas Buang Air Sembarangan) yang memperoleh sertifikat ODF yakni Kecamatan Kuok, Kampar Utara dan Bangkinang Kota. 

Dalam arahannya, Azwan menyampaikan bahwa Salah satu sasaran pembangunan kesehatan adalah penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Kabupaten Kota Sehat adalah Suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah 

Ditambankan Azwan, sasaran pembangunan kesehatan yang tertuang dalam RPJMN 2020 sampai 2024 adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. 

Berdasarkan surat Kemendagri nomor 440/2007/Bangda, persyaratan untuk dapat mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023, cakupan desa atau kelurahan  ODF minimal 80% sedangkan Kabupaten Kampar sendiri pada saat ini masih berada di angka 68% oleh karena itu perlu percepatan dan kolaborasi lintas sektor, lintas OPD,  Kecamatan, Puskesmas dan Desa/ kelurahan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. 

Azwan berharap kepada desa desa yang di anggap sudah memenuhi kriteria dapat mendeklarasikan sebagai Desa/Kelurahan ODF atau bebas buang air besar sembarangan, sehingga Kabupaten Kampar mempunyai tiket untuk mengikuti penilaian atau verifikasi dan nantinya dapat untuk mewujudkan Kabupaten Kampar sebagai Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023. 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kampar dr. Zulhendra Das'at, MH,Kes menyampaikan bahwa Kabupaten Kampar merupakan salah satu dari 8 Kabupaten/Kota yang menjadi Penilaian KKS 2023, yang mana penilaian ini dilakukan satu kali dalam 2 tahun, untuk itu mari kita sama sama untuk mewujudkan Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023. 

Pada kegiatan ini dilakukan secara simbolis penandatanganan deklarasi ODF dan pemberian sertifikat kepada tiga Kecamatan yang menjadi kecamatan ODF yakni Kecamatan Kuok, Kampar Utara dan Bangkinang Kota. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Riau Yaneliza, SKM, M.Kes, Kabid PMD Ibrahim, Staf Khusus Pj Bupati Kampar Yanti Sriyulianti, Sekcam Kuok Nasri Roza, Camat Kampar Utara Riska Jonita, Camat Bangkinang Kota Minda, para  Kepala Puskesmas, Kepala Desa terkait dan undangan lainnya.(PS/NURMAN).

Komentar Anda

Terkini: