Bersama Bupati/Walikota Se-Riau, Pj. Bupati Kampar Hadiri Rakor Karhutla dengan Forkopimda

/ Kamis, 16 Februari 2023 / 10.40.00 WIB


  Rapat Koodinasi pertama tahun 2023 pekanbaru - Pemerintah Daerah Provinsi Riau (Pemprov) bersama Forkopimda Riau, menggelar Rapat Koodinasi pertama tahun 2023 bersama Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau, rabu malam (15/2/2023).

Rakor yang dilaksanakan di Gedung Serindit Kompleks Gubernuran Provinsi Riau Pekanbaru tersebut, dipimpin langsung Gubernur Riau Drs Syamsuar,M.Si didampingi Wakil Gubernur Brigjen. TNI (Purn.) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP.

Selain Gubernur, dala rakor tersebut hadir juga Kapolda Riau, Kejati Riau, Danlanud, Danrem 031/WB, Danlanal, para Bupati, Pj Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah, Kapolres, Dandim serta Forkopimda kabupaten/Kota se-riau.

Dalam keterangannya mengutip arahan Gubernur Riau, Pj Bupati Kampar menyampaikan bahwa Pemprov riau mengajak seluruh Bupati/Walikota untuk selalu meningkatkan kewaspadaan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan, serta memberikan himbauan dan pemahaman kepada perangkat Desa dan Kecamatan untuk menjaga daerahnya agar waspada terhadap bencana kebakaran.

Didampingi Sekda Kampar Drs Yusri,M.Si, Kamsol juga menyampaikan bahwa, ada beberapa poin yang dianggap penting untuk penanggulangan antisipasi karhutla antara lain, kembali mengaktifkan posko Satuan Tugas (Satgas) dari tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat kelurahan. 
Karena sesuai peta kerawanan Karhutlah khsusunya di Kampar, saat ini di kampar terdapat 157 Hotspot 157.

Selain terkait Karhutla, pembahasan lain juga dilaksanakan pada kesempatan tersebut diantaranya pengemdalian inflasi di provinsi riau tahun 2022-2023, dan Stabilitas Politik dan Ekonomi dalam tahun politik serta Pemilihan kepala Desa (Pilkades).

Terkait Inflasi, Kamsol menyampaikan bahwa setiap minggu mengikuti rapat secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Usai rapat, bersama tim pengendalian inflasi terus melakukan rapat khusus terkait perkembangan dilapangan.

Kemudian terkait stabilitas politik menjelang pemilu 2024, Kamsol terus mengingatkan dan menjalin komunikasi bersama forkopimda untuk bersama-sama menjaga keamanan masyarakat. 

Terakhir terkait pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Kamsol juga menyampaikan bahwa masa jabatan Kepala Desa yang berakhir Desember 2022 di kabupaten sebanyak 65 Desa. Sementara terkait Pilkades ini, Kampar sendiri ditunda pelaksanaanya setelah pemilu dan pilkada serentak 2024."terang Kamsol".

Gubernur Riau Syamsuar saat membuka rapat berpesan untuk setiap kabupaten/kota agar melaksanakan apel kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi Karhutla di Kabupaten/kota di provinsi Riau. 

Selanjutnya Gubernur Riau melalui Pj. Bupati Kampar juga menyampaikan agar juga fokus pembasahan lahan, terutama lahan gambut dan lahan mineral yang mudah terbakar dengan menyediakan resapan air, Embung, sekat kanal."pinta Syamsuar"(PS/NURMAN) 

Komentar Anda

Terkini: