Pemkab DS Targetkan Pembangunan Infrastruktur Merata Wilayah Dataran Tinggi

/ Senin, 06 Februari 2023 / 16.46.00 WIB

 

Teks foto : Jembatan Lau Seruai Di Dusun Saring Kulit Desa Ketangkuhen Kecamatan Sibolangit Deli Serdang, senilai Rp 5 Milyar Lebih Rampung Dikerjakan.

POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang (Pemkab DS) tingkatkan pembangunan infrastruktur wilayah dataran tinggi (Kecamatan STM Hilir-STM Hulu-Gunung Meriah-Biru Biru- Namorambe-Sibolangit-Pancur Batu-Kutalimbaru) Dst.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Deli Serdang, Janso Sipahutar ST MT, saat diwawancara POSKOTASUMATERA.COM  di kantornya, Senin (6/2/2022).

Teks foto : pembangunan ruas jalan Tanjung Raja-Rumah Liang Kecamatan STM Hulu, Deli Serdang.

Dijelaskan Janso, saat ini Pemkab DS tengah mengupayakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Deli Serdang, untuk itu saat ini banyak proyek yang sedang berjalan maupun yang telah selesai dikerjakan berada di wilayah daratan tinggi kabupaten Deli Serdang, seperti halnya pembangunan jalan, TPT, Bronjong, Irigasi, drainase dan Jembatan.

Hal ini kata Kadis SDABMBK DS dilakukan mengingat ada beberapa wilayah di dataran tinggi yang masih membutuhkan pembenahan infrastruktur yang signifikan.

Salah satu contoh dijelaskan Janso, adalah pembangunan infrastruktur di ruas jalan Tanjung Raja-Rumah Liang Kecamatan STM Hulu. ruas jalan itu terus dikerjakan secara berkala untuk mendukung program Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) yang difokuskan di Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang.

Selain untuk mendukung program KPT pembenahan jalan itu juga sangat diperlukan agar menarik pemerintah Provinsi Sumut DS dalam upaya pembuatan jalan alternatif Deli Serdang -Tanah Karo (Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang- Desa Serdang Kecamatan Barus Jahe Kebupaten Karo).

"Kita juga menggandeng pengusaha dalam membenahi ruas jalan tersebut," jelas Janso.

Ia berharap kedepannya masyarakat turut mendukung program pembangunan yang dicanangkan Pemkab DS, " mari kita dukung bersamalah" ujarnya.

Janso juga menjelaskan, Pemkab DS memalui Dinas SDABMBK sudah berencana membenahi jalur alternatif Kecamatan Biru Biru- Kecamatan Sibolangit via Desa Mardinding- Desa Suka Maju.

Terpisah, salah satu warga Heri Sembiring S.Kom yang juga pengurus relawan JPKP Kabupaten Deli Serdang mengatakan cukup mengapresiasi Pemkab DS dalam hal pembenahan infrastruktur ke wilayah dataran tinggi.

Salah satu katanya pembangunan jembatan Lau Seruai di Dusun Saring Kulit Desa Ketangkuhen Kecamatan Sibolangit, senilai Rp 5 Milyar lebih.

Menurutnya jembatan yang dibangun di kampung asalnya Saring Kulit tersebut sungguh menjadi kebanggaan warga setempat, karena sekian lama tidak ada pembangunan ke wilayah itu "kebetulan jembatan itu ada kampung asal saya, dari awal kita ikuti pelaksanaannya cukup baik, meski sarana pendukung di daerah itu sangat minim" ujarnya.

Dijelaskan Heri sampai saat ini Dusun Saring Kulit Desa Ketangkuhen itu belum memiliki fasilitas PLN, ia berharap juga setelah selesainya infrastruktur ke Desa itu akan menyusul fasilitas PLN juga" harapan kita agar fasilitas PLN juga segera terealisasi" ungkapnya.(PS/P Limbong)
Komentar Anda

Terkini: