SMP N 1 Marancar Wajibkan Siswa Shalat Dzuhur Berjamaah Dan Kebaktian Al Kitab Untuk Agama Kristen

/ Minggu, 05 Februari 2023 / 15.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMP N 1 Marancar  tampil beda dengan sekolah  lain dibidang pembinaan karakter  yaitu dengan mewajibkan siswanya shalat dzuhur berjamaah dan bertasbih, setiap hari Senin dan Kamis, untuk hari jum'at senam maumere dan senam saptaraga sekalian jumat bersih dan hari setiap hari sabtu Sholat Duha berjemaah.  


Sedangkan untuk siswa  beragama kristen pada saat Siswa yang beragama Islam Sholat Dzuhur siswa yang bergama kristen melaksanakan kebaktian Al Kitab. 

Kepala. SMP N 1 Marancar Hj. Irma Susiana Harahap S. Pd menekankan pentingnya shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah yang dilakukan di aula SMP. N 1 Marancar, pada setiap Senin sampai Kamis.

 Kegiatan shalat berjamaah ini wajib dilaksanakan di sekolah ini, karena sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah Swt, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib madrasah, ujar Hj. Irma Susiana Harahap, Sabtu (04/2-2023).

Shalat Dzuhur berjamaah diikuti oleh siswa kelas 7, 8,  dan 9 serta guru dan pegawai. Kegiatan shalat dzuhur berjamaah ini dibimbing oleh guru  Agama Islam dan diupayakan menjadi pembiasaan, supaya mampu untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. 


"Shalat dzuhur berjamaah dan kebaktian Al Kitab untuk Agama Kristen  ini menjadi suatu kegiatan yang terus menerus dilakukan diluar jam pelajaran, untuk melatih peserta didik lebih teratur dan terarah dan mendisiplinkan diri dalam menjalankan ibadah,"ujarnya.

Seharunya menjadikan hal positif bagi peserta didik karena dengan adanya shalat Dzuhur berjamaah,  dan kebaktian Al kitab untuk agama Kristen diharapkan mampu menjadikan peserta didik semakin disiplin.


Ket Gambar : Siswa/i agama Kristen sedang melaksanakan kebaktian Al kitab

Hj. Irma Susiana Harahap S. Pd juga mengatakan pada peserta didik bahwa, shalat berjamaah itu mempunyai berbagai keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian dan shalat berjamaah ini juga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim dan membentuk akhlak yang mulia, ujar Kasek yang dekat dengan wartawan.

Hj. Irma Susiana menambahkan, "Melaksanakan shalat yang tertib dan teratur, dapat berimbas pada kedisiplinan seseorang dalam melakukan pekerjaan, dan semakin bagus ibadah shalat seseorang, semakin baik pula tingkat kedisiplinannya, sebaliknya semakin ia sering mengabaikan aspek ibadah dan ia juga akan lebih mudah mengabaikan urusan-urusan diluar ibadah," ungkap Kasek. 

Untuk kebugaran tubuh keluarga besar SMP N 1 Marancar," setiap hari Jum'at melaksanakan senam dan jum'at bersih, " ucap Kasek. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: