USAID ERAT Lakukan Lokakarya Satu Data Kabupaten Samosir

/ Kamis, 09 Februari 2023 / 22.46.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Untuk mendukung terciptanya tata kelola data yang lebih baik di Kabupaten Samosir, USAID ERAT Sumatera Utara menyelenggarakan lokakarya penguatan implementasi Satu Data Kabupaten Samosir Kamis (9/2) di Hotel JTS Parbaba.

Lokakarya Penguatan Implementasi satu data itu dibuka oleh Bupati Samosir diwakili Pj. Sekda Waston Simbolon yang dihadiri para OPD Pemkab Samosir. 

Pada sambutanya Waston mengatakan program satu data Kabupaten Samosir dalam mewujudkan satu data Indonesia, untuk menciptakan tata kelola data pemerintah yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar stakeholders.

Maka seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) diminta harus menyadari bahwa perwujudan satu data Kabupaten Samosir merupakan bagian bersama, jangan mempertahankan yang salah, Tegasnya.

"Hilangkan ego sektoral diantara OPD untuk menghasilkan data yang akurat. Perlu Sinergitas antar OPD, lintas sektoral, guna menghasilkan data yang teruji serta dapat dipertanggungjawabkan" 

Dijelaskannya, untuk mensukseskan satu data Kabupaten Samosir,  telah dituangkan pada Peraturan Bupati  Nomor 79 tahun 2022 dan Surat Keputusan Bupati Samosir Nomor 483 Tahun 2022 tentang Forum Satu Data Kabupaten Samosir . 

Untuk itu diharapkan adanya koordinasi yang baik antara wali data, produsen data, koordinator data dan juga pembina data. Kunci untuk mewujudkan satu data Kabupaten Samosir adalah kolaborasi dan sinergitas seluruh perangkat daerah.

Provincial Governance Advisor USAID ERAT Sumut, Hawari Hasibuan menyebutkan, Program satu data merupakan tata kelola yang  menggantungkan beberapa informasi  kebutuhan pembangunan. Data yang reel dan dapat dipertanggungjawabkan validasinya.

Melalui Lokakarya yang sudah kedua kalinya di Kabupaten Samosir, Hawari Hasibuan  berharap Satu Data Indonesia Kabupaten Samosir dapat segera terwujud, forum data yang dibentuk dapat bekerja efektif demi menghasilkan data yang akurat. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: