Jelang UKK, SMK N 1 Marancar Matangkan Persiapan Siswa/i

/ Minggu, 05 Maret 2023 / 17.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMK  N 1 Marancar mulai memberikan pembekalan kepada siswa kelas XII yang akan mengikuti uji kompetensi keahlian (UKK). 


Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran M.Pd melalui Ketua UKK Jamnas Harahap menjelaskan, Pembekalan menjadi bagian penting untuk mempersiapkan dari segi teknis, mental, dan keterampilan atau kompetensi saat menghadapi UKK,” ujar Jamnas Harahap S.Pd  kepada Poskotasumatera.com Kamis  (2/3-2023).


"Menurutnya, UKK akan dilaksanakan awal bulan Maret ini. Ia menegaskan, pembekalan penting dilakukan agar siswa lebih matang dalam persiapan menghadapi UKK.

Disampaikannya," pelaksanan UKK  ini khusus untuk kelas XII masing masing kompetensi yaitu kompetensi Tanaman Perkebunan, kompetensi Agri bisnisTanaman Pangan holtikultura, dan kompetensi tehnik komputer jaringan.

Jadi dalam skema persiapan UKK sudah selesai  dilaksanakan tahap pertama yaitu  kegiatan verifikasi sudah dilaksanakan yaitu dari tim yang dihunjuk  Cabdis Pendidilan Sidimpuan Provinsi Sumatera Utara yaitu ibu Hafsa Delila dan Bapak  Rahmad bersama tim  asesor dan pengawas," ujar Jamnas Harahap.

"Sebagai pengawas internalnya dari kejuruan di SMK masing masing kompetensi, sedangkan penguji eksternalnya untuk jurusan Agri bisnis tanaman pangan perkebunan dari UD Tyna coffey,  untuk jurusan tanaman pangan holtikultura kerjasama dengan Dinas Pertanian Kecamatan,sedangkan untuk jurusan TKJ dari Telkom Padang Sidempuan," pungkasnya.

Lebih lanjut disampailannya," tujuan UKK ini mengukur sejauh mana kompetensi yang sudah dimiliki dan dipahami peserta diduk selama belajar di kelas X,XI dan XII. 

Setelah nanti peserta didik mengikuti prosedure UKK ini berarti sah dilakukan penilaian kedua belah pihak yaitu penilai eksternal dan internalnya, kemudian setelah itu bagi siswa/i yang lulus akan diberikan sertifikat kompetensi," ujarnya.

"Mudah-mudahan siswa/i bisa lebih siap dan maksimal dalam menjalani proses penilaiannya,” harapnya.

“Sebelum UKK, pada awal Maret  2023 sekolah terlebih dahulu akan melaksanakan pra UKK bagi siswa/i. Menurutnya, pra UKK akan menjadi gambaran bagi siswa dalam pelaksanaan UKK.
“Pra UKK ini adalah gambaran mereka bagaimana pelaksanaan UKK ini akan dilaksanakan, melatih kesiapan mental mereka juga,” ucapnya.

Pihak sekolah berharap pelaksanaan UKK tahun ini dapat dijalankan lebih baik dan maksimal oleh seluruh siswa kelas XII. “Semoga mereka lebih siap dan maksimal dalam proses penilaiannya nanti, karena penilaian UKK ini sangat penting untuk kelulusan ,” ujarnya (PS/BERMAWI)



 


Komentar Anda

Terkini: