Miliaran PAD Potensi Berkurang, Target PBB 2022 'Anjlok', SPPT 2023 Belum Dicetak, Bos BP2RD Medan 'Bungkam'

/ Kamis, 02 Maret 2023 / 22.39.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI tahun yang memapar potensi kekurangan penerimaan pajak reklame senilai Rp. 3,94 miliar belum terjawab solusinya.

 

Selain itu, informasi berkembang anjloknya PAD dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2022 menyeruak dan belum dicetaknya Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB tahun 2023 tak mendapat klarifikasi dari pejabat di Badan Pelayanan Pajak dan Retribus Daerah (BP2RD) Medan.

 

Beni Sinomba yang menjadi Bos (Kepala,red) di BP2RD Medan tak bisa dihubungi di kantornya, Kamis (2/3/2023). Sambungan ke ponselnya pun tak direspon. Pesan Whats App yang dilayangkanpun tak digubris.

 

Sementara, Kabid PBB BP2RD Sutan Partohi yang menjawab sambungan telpon, Kamis (2/3/2023) mengaku sedang rapat dan berjanji akan mengecek ke jajarannya. “Tapi saya masih rapat. Nanti aja,” katanya.

 

Namun anehnya, Kabid PBB BP2RD Medan ini mengaku, wartawan harus mendapatkan Sekretaris mereka. “Umpamanya abang mau jumpa bidang apa, umpamanya Bidang PBB atau Bidang Hotel, tapi abang harus ke ruang sekretaris dulu,” jawabnya terkesan mengelak.

 

Sementara Bidang Hotel dan Restauran serta Bidang Reklame di BP2RD Medan tak satupun bisa menerima konfirmasi wartawan saat disambangi, Kamis (2/3/2023) di lantai II dan lantai III Gedung BP2RD Medan Jalan AH Nasution Medan. Pegawai disana mengatakan, para pejabat itu ada yang belum terisi jabatannya dan ada yang rapat setelah kunjungan Sekda Kota Medan ke kantor itu.

 

Sumber wartawan menyebutkan, di BP2RD Medan banyak penggantian pejabat di bidang dan seksi. Di tahun 2022 lalu, disebut sumber, capaian PBB anjlok. Lalu hingga saat ini, SPPT PBB untuk ditagih ke Wajib Pajak di Kota Medan tak kunjung dicetak. “Tahun kemarin capaian PBB anjlok bang. Saat ini SPPT tahun 2023 pun belum dicetak,” ujar sumber yang namanya enggan ditulis, Selasa (28/2/2023).

 

Diberitakan sebelumnya, dalam LHP BPK Nomor 51.B/LHP/XVIII.MDN/05/2022 tanggal 12 Mei 2022, dalam kolom Daftar Isian disebutkan pada huruf A. Pengelolaan Pajak Daerah pada BPPRD Medan Belum Memadai. Kupasan BPK, dijelaskan dalam Tahun Anggaran 2021 BPPRD Medan hanya mampu membukukan 88,30 % dari Target PAD Rp/ 1,69 Triliun.

 

Sumber PAD Kota Medan dari Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Air Bawah Tanah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) hanya bisa dicapai Rp. 1,49 Triliun saja.

 

Dalam LHP BPK Perwakilan Sumut yang diteken Eydu Oktain Panjaitan itu, BPPRD Medan dijelaskan hasil pemeriksaan diantaranya, data transaksi penjualan pada tapping box dari PT Bank Sumut tidak akurat, terdapat pajak daerah yang belum dipungut oleh BPPRD Medan.

 

Yang membuat mata publik tercengang, dalam penjelasan terdapat pajak daerah yang belum dipungut oleh BPPRD Medan disebutkan, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari Wajib Pajak (WP) selain PT PLN belum pernah dipungut, lalu ada pajak Parkir di 2 objek pajak besar yakni Swalayan dan Mall belum dipungut oleh SKPD ini.

 

Parahnya lagi, dalam LHP BPK Tahun 2022 ini BPPRD Medan ditelanjangi ada 58 titik potensi pajak reklame dengan nilai PAD senilai RP. 3.941.463.805 belum dipungut. Wow, bukan angka yang kecil di sat Kota Medan akan dibawa Walikota Medan ke arah kemajuan di masa yang akan datang.

 

Selain itu, BPPRD Medan juga ditemukan BPK RI mengalami kekurangan pungut atau kurang bayar dari Wajib Pajak Hotel dan Restouran senilai 329 juta lebih. Ngerinya lagi, temuan BPK RI dalam LHP ada 2 hotel yang hanya kegiatan aparatur pemerintah saja dengan transaksi senilai 2,3 miliar harus dikonfirmasi terdahulu baru di akui oleh manajemen 2 hotel besar tersebut.

 

Potensi kekurangan pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) senilai Rp. 862 juta lebih dari lahan milik 6 perusahaan besar di Kota Medan juga ditemukan setelah dilakukan konfirmasi dengan sample 30 Wajib Pajak PBB di Kota Medan. Hal tersebut terjadi karena terjadi kesalahan atas berkurangnya penghitungan luasan lahan milik perusahaan tersebut di BPPRD Medan.

 

LHP BPK RI Tahun 2022 menerangkan permasalahan di BPPRD Medan berakibat SPTPD yang dilaporkan Wajib Pajak hotel yang terpasang Tapping Box PT Bank Sumut berpotensi tidak akurat, kehilangan kesempatan atas penerimaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan pajak parkir, kekurangan atas penerimaan pajak Rp, 1,32 miliar serta potensi kekurangan penerimaan pajak reklame sebesar Rp. 3,94 miliar.

 

Kepala BPPRD Medan Benni Sinomba terkesan enggan merespon konfirmasi wartawan. Dihubungi via ponsel dan pesan ke Whats App pribadinya beberapa kali tak dibalas meski terlihat 2 centang. Wartawan yang menghubunginya ke Kantor BPPRD Medan di Jalan AH Nasution Medan, Selasa (28/2/2023) tak berhasil ditemui.

 

Guna mengimbangi semangat Walikota Medan dalam mendorong kemajuan Kota Metropolitan yang jelas membutuhkan uang tak sedikit, jelas diperlukan pimpinan SKPD bidang pemungut pajak dan retribusi yang handal. Hingga Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Medan hendaknya mengacu atas prestasi SKPD ini guna menetapkan kebijakan siapa yang layak memimpin instansi itu selanjutnya. (PS/RED)       

 

 

Komentar Anda

Terkini: