Sihar PH Sitorus Anggota Komisi XI DPR RI Bersama Bank Indonesia Sosialisasikan QRIS

/ Jumat, 17 Maret 2023 / 19.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Sebagai Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi Keuangan dan Perbankan, Dr.Sihar P.H. Sitorus,BSBA.,M.B.A terus melakukan sosialisasi memberikan edukasi dalam mempermudah dan menanggapi keluhan masyarakat di Wilayah Dapilnya Sumatera Utara II.

Kali ini, Sihar Sitorus bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar melakukan Sosialisasi Implementasi QRIS Menuju Masyarakat Non Tunai yang digelar di Ballroom Suzuya Plaza Jalan Jend.Ahmad Yani Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (17/03/2023).

Dalam sambutannya, Anggota Komisi XI DPR RI ini menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas terselenggaranya kegiatan tersebut." Saya mengapresiasi inisiatif Bank Indonesia atas terlaksananya kegiatan Sosialisasi Implementasi QRIS Menuju Masyarakat Non Tunai," ucapnya dalam kegiatan tersebut secara virtual.

Dihadapan para pelaku usaha dan UMKM yang hadir dalam sosialisasi tersebut, Sihar Sitorus menuturkan bahwa QRIS merupakan suatu platform pembayaran non tunai.

"QRIS singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Mungkin Bapak Ibu sekalian pernah dengar atau mungkin belum pernah dengar atau mungkin belum tau tapi mungkin sudah pernah melakukan transaksi menggunakan QRIS melalui pembayaran non tunai. Bapak Ibu sekalian juga sudah pasti merasakan bahwa transaksi non tunai ini lebih efektif dan lebih efisien. 

Sambungnya mengatakan, QRIS pada dasarnya adalah suatu platform dimana kalau ada pembayaran non tunai seperti OVO, Gopay, Link aja, Dana dll dengan QRIS ini maka QRIS bisa menjadi satu code untuk kesemua sistem pembayaran dari para margin. Jadi kita tidak perlu memiliki semua sistem pembayaran tersebut dengan QRIS kita bisa bertransaksi dengan siapa saja.

Tentunya Bank Indonesia sebagai Otoritas Moneter di Indonesia ini juga perlu mengatur peredaran uang. Peredaran uang ini akan lebih efektif pengaturannya dengan adanya tehnologi melalui QRIS ini. Dan Bank Indonesia juga ingin mendorong transaksi yang lebih cepat dan perputaran uang yang lebih cepat dari Bapak Ibu sekalian melalui sistem QRIS ini.

Jadi Bapak Ibu sekalian tidak perlu lagi bawa uang banyak-banyak ke Bank, mencatatkan ke Bank, ditransfer di Bank, tapi dengan QRIS ini Bapak Ibu sekalian setiap melakukan belanja atau pembayaran Bapak Ibu sekalian akan langsung mengetahui apakah uang Bapak Ibu sekalian sudah dipotong atau dana yang diterima sudah masuk dan notifikasi nya juga langsung terlihat, jadi ini memudahkan Bapak Ibu untuk mengatur keuangan," tutup Sihar Sitorus dalam sambutannya.

Dikesempatan yang sama, Andriansyah sebagai Analis Junior pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar dalam pemaparan memperkenalkan keunggulan QRIS sebagai pembayaran non tunai pada masyarakat yang hadir.

"QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya," ucapnya.

Kenalkan QRIS lebih dekat dengan masyarakat, Andriansyah kemas sosialisasi berisikan kuis seputaran tentang QRIS yakni mengenai apa itu QRIS, Bagaimana mana menggunakan QRIS serta apa aja keunggulan dari QRIS.

Masyarakat yang hadir begitu antusias dan terhibur mengikuti sosialisasi yang digelar Anggota Komisi XI DPR RI Sihar PH Sitorus bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang. Sosialisasi diiringi penyerahan hadiah bagi masyarakat yang bisa menjawab dengan benar kuis tentang QRIS.

(PS/ Messo Gulo )

Komentar Anda

Terkini: