Berkah Bulan Ramadhan, Pemdes Sibangkua Salurkan BLT DD Kepada 50 KPM

/ Rabu, 12 April 2023 / 19.36.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Berkah bagi masyarakat di Desa Sibangkua , Kecamatan Angkola Barat, pada hari ini Rabu (12/4-2023)   keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Siuhom telah menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) TA 2023.


BLT-DD yang disalurkan langsung oleh Kades Sibangkua , Ali Amron Hutasuhut, beserta aparat desa dan  jajaran lembaga BPD  berjumlah Rp 900 ribu/KPM. Jumlah tersebut merupakan pembayaran BLT-DD untuk jatah tiga bulan sekaligus yakni bulan Januari, Februari dan Maret.

Kades Sibangkua Ali Amron Hutasuhut mengatakan Ke 50 KPM BLT-DD di desanya pada TA 2023, ini dianggap sudah sangat proporsional dengan kemampuan anggaran yang dialokasikan oleh desa dan telah mewakili kriteria yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.


Blt DD Desa Siuhom Berkah Ramadhan, 50 KPM di Desa Sibangkua Terima Program BLT-DD TA 2023

Diharapkan Kades, penyaluran BLT-DD di bulan suci Ramadhan, ini bisa sedikit meringankan beban ke 50 KPM di desa dalam mencukupi kebutuhan dasarnya.

"Semoga BLT-DD yang kita salurkan di bulan suci Ramadhan, ini bisa sedikit meringankan beban 50 KPM kita dalam mencukupi kebutuhan dasarnya ditengah dampak inflasi global yang kita rasakan bersama-sama saat ini," pinta Kades.

Selanjutnya, masih Kades, penyaluran program BLT-DD untuk jatah bulan berikutnya akan segera kembali dilaksanakan oleh pemerintah desa sesuai jadwal yang nantinya akan diinformasikan kembali kepada masing-masing KPM.

Selebihnya Kades mengungkapkan, beberapa anggaran yang dikelola oleh pemerintah desa , ini akan digunakan untuk menunjang beberapa program kerja desa yang telah direncanakan pada dokumen APBDes.

Dimana jumlah pengurangan KPM BLT-DD ini bukan kehendak Pemdes sendiri, namun sesuai dengan petunjuk dan regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Kriteria penerima BLT-DD tahun 2023 ini adalah keluarga yang kategori kemiskinan ekstrim. Sementara kriteria penerima BLT-DD tahun 2022 lalu adalah untuk keluarga yang terdampak Covid-19.


Dijelaskannya, selain dari regulasi kriteria besaran anggaran untuk BLT-DD tahun ini juga berkurang dari tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah maksimal dana untuk BLT-DD sebesar 25 persen dan minimal 10 persen. Jadi, pengurangan penerima BLT-DD ini bukan hanya karena kriteria saja. Tetapi juga karena besaran anggarannya untuk BLT  berkurang.

"Ada dua faktor pemangkasan penerima BLT-DD ini. Yaitu, kriteria dan besaran dana yang dialokasikan. Jadi pengurangan ini bukan kemauan desa tetapi ditentukan oleh aturan dan regulasi yang sudah ditetapkan," bebernya.




Ditambahkannya, keluarga yang ditetapkan sebagai penerima BLT-DD tahun 2023 ini benar-benar diseleksi sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Karena kategori penerima BLT-DD tahun ini bukan untuk Covid-19. Tetapi untuk keluarga yang miskin ekstrim.


"Penetapan jumlah KPM BLT-DD ini sudah melalui musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat. Sesuai dengan hasil penjaringan yang sudah dilakukan 50 warga itu dinyatakan layak sebagai penerima BLT-DD tersebut," tutupnya.

Turut hadir dalam acara pembagian BLT DD Camat Angkola Barat yang diwakili Kasi Ekbang Juni Suryani Simanjuntak,  Kepala Desa Sibangkua, Ketua PKK Desa Sibangkua,   Aparat Desa, BPD,  Tokoh masyarakat  dan masyarakat penerima BLT DD. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: