Ketua DPRK Lhokseumawe Ultimatum Pj Walikota Imran segera Tarik Surat Edaran Larangan Takbiran Keliling

/ Selasa, 18 April 2023 / 19.39.00 WIB
ISMAIL A MANAF | KETUA DPRK LHOKSEUMAWE 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE- – Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail A Manaf kembali memberi ultimatum alias warning kepada Pj Walikota Lhokseumawe, Imran untuk segera menarik kembali Surat Edaran terkait pelarangan masyarakat melakukan Takbiran Keliling pada malam hari raya Idul Fitri tahun 1444 Hijriah.

Surat Edaran yang ditandatangani oleh Pj Walikota Lhokseumawe, Imran tidak membolehkan masyarakat Lhokseumawe melakukan Takbiran Keliling menuai reaksi keras dikalangan masyarakat dan parlemen Kota Lhokseumawe.

Mayoritas suara dari parlemen DPRK Lhokseumawe mendesak Pj Walikota Imran segera mencabut kembali Surat Edaran pelarangan merayakan malam hari raya dengan Takbiran Keliling, demikian disampaikan oleh Ismail A Manaf Ketua DPRK Lhokseumawe dari Fraksi Partai Aceh.

Menurutnya, tidak ada alasan Pemko Lhokseumawe melarang masyarakat melakukan Takbiran Keliling, musim corona alias Covid-19 telah berlalu, sehingga sebagai bentuk kemenangan umat muslim pasca sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa, tentunya melantunkan asma Allah yaitu Takbiran mulai dari malam lebaran sampai pelaksanaan sholat Ied esoknya.

Oleh karena itu, saya mewakili unsur parlemen DPRK Lhokseumawe mendesak Pj Walikota Imran untuk mencabut Surat Edaran yang ada poin melarang masyarakat melakukan Takbiran Keliling, seru Ismail yang vokal memperjuangkan kemaslahatan masyarakat.

Sambung Ismail, semakin hari gerakan Pj Walikota Lhokseumawe Imran makin membuat suasana gaduh di tengah masyarakat. Kalau Pemko Lhokseumawe tidak membuat Takbiran Keliling, tapi janganlah melarang masyarakat yang melakukannya. " biarkan saja masyarakat meng agungkan Asma Allah di malam kemenangan melalui Takbiran Keliling," ujar Pria Paloh ini.

Sementara itu, Pj Walikota Lhokseumawe Imran melalui Kabag Prokopim Setdako Lhokseumawe, Darius mengatakan menyambut  dan memeriahkan Hari Raya Idul Fitri  1414 H/ 2022 M  serta untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan kaum muslimin dan muslimat.

Sehingga Pemko Lhokseumawe melarang menyalakan kembang api, petasan mercon  dan sejenisnya, yang dapat mengganggu warga yang sedang melaksanakan ibadah/ Takbiran, ujar Darius.

Lanjut Darius, Pemko Lhokseumawe juga menghimbau kepada Masyarakat melalui surat edaran Walikota tentang pelaksanaan Malam takbiran. 

Agar melaksanakan malam takbiran yang dipusatkan di Mesjid, Meunasah dan mushala agar pelaksanaan malam takbiran lebih tertib, aman dan lancar serta tidak mengadakan arak- arakan/ Takbir keliling di jalan raya.

Karena berpotensi menambah kemacetan dan dapat menyebabkan gangguan ketertiban serta membahayakan keselamatan masyarakat karena kegiatan tersebut kerap menggunakan mobil bak terbuka, demikian ungkap Darius. 

Sementara pandangan ulama salaf dulu, bila telah sempurna hitungan puasanya sebulan, mereka merayakan dengan mengagungkan Tuhannya dengan cara bertakbir.

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu bertakwa pada Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Syaikh As Sa’di rahimahullah memaparkan dalam kitab Taisir Al Karim Ar Rahman bahwa Ketika bulan itu sempurna, hendaklah bersyukur pada Allah Ta’ala karena taufik dan kemudahan bagi hamba-Nya. Syukur tersebut diwujudkan dalam bentuk takbir ketika Ramadhan itu selesai. Takbir tersebut dimulai ketika melihat hilal Syawal hingga berakhirnya khutbah Idul Fitri.

Dengan begitu jelas bahwa bertakbir dianjurkan mulai awal 1 Syawal. Bertakbir bisa dilakukan dengan berjamaah atau sendiri di kamar. Sering kita melihat orang-orang berbondong-bondong membacakann takbir dengan berjalan atau berkendara.

Hal seperti itu biasa dikenal dengan takbir keliling. Takbir keliling juga merupakan  ibadah dalam rangka membaca takbir yang dilakukan bersama-sama.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghidupkan malam hari raya dengan memperbanyak takbir. Umat Muslim membuktikan cintanya pada sang kholiq dengan mengagungkannya sepanjang waktu. Nabi bersabda ;  “Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca takbir”. (PS/IQBAL)

Komentar Anda

Terkini: