MIN 1 Tapsel Sukses Gelar Pesantren Ramadhan 1444 H/Tahun 2023

/ Kamis, 13 April 2023 / 04.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)  1 Kabupaten Tapanuli Selatan yang terletak di Desa Panobasan Kec.Angkola Barat gelar berbagai  kegiatan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di bulan Ramadhan.


 Kegiatan ini diberi nama Pesantren Ramadhan dengan mengambil tema “Mengobarkan Semangat Ibadah Di Bulan Penuh Berkah Dengan Membentuk Generasi Qur’ani yang SMART (Sholih, Mandiri, Amanah, Rajin, dan Tangguh).

Demikian disampaikan Kepala MIN 1 Tapanuli Selatan Drs Damhuri kepada awak media online Rabu ( 12/4-2023).

Disampaikan Kepala MIN 1 Tapsel," bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini dilaksanakan selama sebulan di bulan Puasa  ini, dengan peserta kelas 1 sampai dengan kelas 6 .

Jenis-jenis kegiatannya antara lain: Tadarus Al Qur'an, Tahfidz,Tausyiah dan praktek ibadah," ujar Mantan Kepala MTsN 1 Tapanuli Selatan.

Adapun tujuan dari Pesantren Ramadhan sesuai yang disampaikan  Drs.Damhuri yaitu meningkatkan keimanan, ketaqwaan juga melatih kemandirian, keberanian, kejujuran, kebersamaan dan toleransi. Dan juga ikut menyemarakkan syiar Islam di lingkungan madrasah dan masyarakat.

Selanjutnya, setelah pelaksanaan kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa mengamalkannya di rumah masing masing,"harap Kasek.


Beliau juga menyampaikan kepada para peserta Pesantren Ramadhan bahwa jika kita memiliki ilmu akan memiliki kedudukan lebih tinggi. Dan salah satu contoh dalam mencari ilmu yaitu dengan mengikuti Pesantren Ramadhan, sambungnya. Drs Idamhuri berpesan peserta Pesantren Ramadhan dapat mengikuti dengan baik supaya bisa memahami dan selanjutnya ilmu yang didapat bisa diamalkan.

Kepala MIN 1 Tapsel Drs Damhuri memberikan motivasi kepada peserta didik, supaya tetap tekun dan semangat dalam menghafal Al Qur’an.
“Salah satu barokah dari hafal Al Qur’an yaitu bisa menjadi cerdas dan juga bisa meningkatkan imun, karena setiap kita mau membaca Al Qur’an tentunya terlebih dahulu mengambil air wudhu, sehingga bisa menjaga kebersihan” terangnya.



Pesantren Ramadhan  berjalan lancar, semoga kegiatan pesantren ramadhan ini sebagai bentuk  pendalaman makna dan arti bulan Suci Ramadhan, yaitu dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," harap Kepala.MIN 1 Tapsel.(PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: