Mobil Wisatawan Masuk Jurang, Polisi Cepat Lakukan Evakuasi Korban

/ Rabu, 26 April 2023 / 18.08.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM - SIMALUNGUN - Polres Simalungun sigap membantu evakuasi korban laka lantas sebuah kendaraan wisatawan jenis minibus yang mengalami kecelakaan tunggal masuk ke dalam jurang di Jalan umum (Lintas) Km.48,5 - 49, tepatnya di Girsang II kelurahan Girsang Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Rabu, (26/4/2023) sekira Pukul 08.30 WIB.

Mendengar informasi, Petugas yang ada pada Pos Pelayanan Obyek Wisata Parapat Simpang Sitahoan, Operasi Ketupat 2023 Polres Simalungun dipimpin Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris Sihite, SE langsung bergerak menuju lokasi tempat terjadinya laka tunggal tersebut.

Saat tiba dilokasi, Petugas bersama dengan masyarakat setempat melakukan evakuasi korban dan kendaraan mini bus tersebut yang diketahui bernomor Polisi BK-1367-RI warna hitam.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian kecelakaan tunggal tersebut, sebuah kendaraan wisatawan jenis mobil minibus yang hendak melintasi obyek wisata parapat terperosok masuk jurang.

Kapolres menjelaskan, Kejadian kecelakaan tunggal tersebut mengakibatkan korban jiwa 1(satu) orang dan 6 (enam) orang penumpang luka-luka termasuk sopir dan mobil minibus itu pun berhasil dilakukan evakuasi.

Dari hasil evakuasi tersebut, diketahui korban merupakan warga Lingkungan II Namu Durian Desa Tanjung Langkat Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat, Supir minibusnaas tersebut berinisial AG(49) Surbakti yang merupakan Ayah dari Korban yang berinisial AS(5) Surbakti yang setelah kejadian mengalami luka berat dan Meninggal Dunia dalam perjalanan menuju RSUD Parapat Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya 6 penumpang minibus yang mengalami luka-luka ringan yakni RH(30) boru Sembiring Ibu dari AS(5) Surbakti dan RS(29) boru Sembiring, LD(59) boru Bangun, EL(22) boru Sembiring, EL(28) boru Ginting serta seorang bayi berusia 1,5 tahun yang selamat tidak mengalami luka.

"Iya, Ada 1 korban meninggal dunia. Korban lainnya sudah mendapatkan perawatan di RS Parapat dan R4 nya (mobil) sudah dievakuasi dr lokasi kejadian. Untuk supir, masih di rawat di RS Parapat, namun tadi kita lakukan test narkotika melalui urine, dan hasilnya negatif,"balas Kapolres Simalungun ke Poskotasumatera.com, Rabu (26/4/2023) sore.

Usai mendapat perawatan, lanjut AKBP Ronald, ke-6 orang korban luka dan 1 orang korban meninggal dunia, sudah diberangkatkan ke Kabupaten Langkat. 

"Ke- 6 korban luka dan 1 orang meninggal dunia, sudah jalan ke alamat rumah mereka di Langkat dengan pengawalan kita,"ujarnya.

"Guna penyidikan lebih lanjut, barang bukti berupa 1(satu) unit Minibus korban telah diamankan, dan pihaknya telah melakukan olah TKP serta memintai keterangan saksi-saksi,"ungkap Kapolres Simalungun.

Dengan kejadian ini, Kapolres Simalungun AKBP Ronald menghimbau, kepada para Pengendara untuk lebih berhati-hati, bila melalui akses jalan menuju Objek wisata Parapat Danau Toba, yang dari arah Kabupaten Toba menuju Pematangsiantar, ataupun sebaliknya. Karena, selain sempit medannya juga cukup terjal.

"Kami menghimbau kepada pengendara, agar selalu berhati - hati. Pergunakan laju kendaraan sesuai kondisi jalan. Utamakan keselamatan dari kecepatan,"himbau AKBP Ronald. (PS/Red-04).
Komentar Anda

Terkini: