Komisi A DPRD Labura Kunker ke PMI Sumut Guna Dorong Kinerja Kepalangmerahan Setempat

/ Rabu, 17 Mei 2023 / 20.59.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM - MEDAN - Guna meningkatkan kinerja PMI Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), Komisi A DPRD Kabupaten Labura melakukan kunjungan kerja ke PMI Sumut di Medan, Selasa (16/5).

Mereka berkonsultasi dan meminta masukan sebagai bahan bagi DPRD Labura untuk mendorong peningkatan kinerja PMI dalam melaksanakan misi kemanusiaan di Kabupaten Labuhan Batu Utara.

Kunjungan kerja Komisi A DPRD Labura dipimpin Arif Ripai, SP (Nasdem), didampingi Wiliater Marpaung (Gerindra), Perkasa Alamsyah Tanjung, S.H, M.Kn (PBB) dan H. Amin Makmur, S.E (Golkar), serta Alsaura Mahendra Siahaan, S.E (staf Komisi A) DPRD Labura. 

Rombongan diterima  Wakil Ketua PMI Sumut Dr. H. Sakhyan Asmara, MSP mewiliki Ketua PMI Sumut DR. H. Rahmat Shah yang sedang melaksakan ibadah umroh. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut  Pengurus PMI Sumut Chairil Siregar, S.H (Ketua Bid. Organisasi), Dr. M. Fitri Rahmadana, SE, M.Si (Ketua Bid. Anggota dan Relawan), Al Amin Syahputra Pelis, SH (Bendahara) dan  dr. Maulana Baihakhi, M. Biomed, AIFO-K (Wakil Kepala UDD PMI Medan)

Dalam pertemuan itu, Pimpinan Rombongan Arif Ripai menyampaikan keinginan DPRD Labura untuk memberi dukungan kepada PMI Labuhan Batu Utara agar dapat melaksanakan tugas misi kemanusiaan semaksimal mungkin dan dapat dirasakan masyarakat manfaat keberadaan PMI di Labuhan Batu Utara. 

Arif juga menyampaikan bahwa selama ini anggaran PMI tidak ada kepastian melekat pada dinas atau OPD apa. Oleh sebab itu perlu ketegasan dan kejelasan guna memudahkan dalam pengajuan anggaran bagi PMI daerah. 

Arif menilai selama ini PMI Labura terkesan hanya melaksanakan kegiatan rutin perkantoran. Artinya belum menunjukkan kinerja sebagaimana visi dan misi yang diemban oleh PMI itu sendiri. 

Oleh sebab itu, Komisi A DPRD Labura  berkonsultasi dan meminta masukan dari PMI Sumut agar kemudian dapat dijadikan sebagai rujukan dalam mengajukan saran dan pendapat termasuk mengajukan anggaran kepada Pemerintah Kabupaten Labura.  

Dengan demikian peran dan kinerja PMI Labura dapat ditingkatkan. Lebih lanjut Arif menyatakan Pemkab Labura perlu memberi dukungan penuh kepada PMI,  baik dari segi anggaran maupun dari segi penyusunan dan pelaksanaan program.

 Merespons harapan dari Komisi A DPRD Kab Labura, Wakil Ketua PMI Sumut Sakhyan Asmara menjelaskan bahwa angaran PMI di daerah hendaknya melekat pada Dinas Kesehatan setempat, karena kedua unit kerja itu mempunya irisan program yang sangat kuat.

Sakhyan juga menjelaskan tentang program-program yang dapat dilakukan oleh PMI di daerah.  Selain melaksanakan tugas rutin manajemen markas, PMI juga dapat melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan relawan, pembinaan relawan di sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan tempat kerja, mengirim delegasi untuk kegiatan-kegiatan PMI di luar daerah seperti kegiatan Jambore, Musyawarah Kerja dan Musyawarah Daerah PMI, sosialisasi hidup sehat terhindar dari bencana, kegiatan donor darah serta berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya. 

Sakhyan menekankan bahwa sebagai pengurus PMI dimanapun berada tidak boleh lepas dari ikatan untuk melaksanakan  7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Internasional  Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yakni 1. Kemanusiaan (Humanity), 2. Kesamaan (Impartiality), 3. Kenetralan (Neutrality) 4. Kemandirian (Independence), 5. Kesukarelaan (Voluntary Service), 6. Kesatuan (Unity), dan 7. Kesemestaan (Universality). 

 Dengan berpegang teguh kepada tujuh prinsip dasar tersebut dan melakukan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat, maka sesungguhnya kondisi seperti itulah yang diharapkan dalam membangunan nation and character building di Indonesia dan di dunia internasional, pungkas Sakhyan(PS/RED)

Komentar Anda

Terkini: