Rakor Teknis Percepatan Kemiskinan Ekstream, Pj Sekda Kampar menegaskan Pemutakhiran Data Segera Dilaksanakan Agar Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran.

/ Kamis, 04 Mei 2023 / 16.38.00 WIB

 

  Pj Sekda Kampar Buka Rakor Teknis Percepatan Kemiskinan Ekstrem
POSKOTASUMATERA. COM- BANGKINANG KOTA -- Guna menurunkan angka kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Kampar menggelar Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstream di Kabupaten Kampar Tahun 2023. 

Kegiatan Rakor tersebut langsung dibuka oleh Pj Sekda Kampar Ir. Azwan, M.Si dengan mengusung tema “0 Zero Kemiskinan Ekstream di Kampar” yang  diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Kampar, Kamis, (4/5/2023). 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar Dr. H Kamsol, MM yang diwakili oleh Pj Sekda Kampar Ir. Azwan, M. Si mengatakan bahwa menurut data terakhir yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik, tingkat Kemiskinan Ekstream di Kabupaten kampar sebesar 1.73 Persen atau sebanyak 15.450 Jiwa. 

Ia menambahkan, berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 222 tentang percepatan penghapusan Kemiskinan Ekstrem bahwa tugas Bupati menetapkan data sasaran keluarga miskin ekstream dibuktikan dengan berita acara musyawarah desa atau lurah. 

“Untuk itu, guna Percepatan penetapan data kemiskinan di Kabupaten Kampar maka diminta kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk segera melaksanakan musyawarah desa terkait kemiskinan ekstream dengan memprioritaskan keluarga desil 1 data P3KE dari Kemenko PMK.”ungkapnya.”


Ia menambahkan, Dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan ini diperlukan langkah-langkah Konkrit dalam percepatan Penanggulangan kemiskinan Ekstream di Kampar. 

“Maka dari itu, Pemerintah Daerah juga serius dan berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Kampar.”ungkapnya.” 

Sekda Juga mengatakan bahwa Kepala desa dan lurah sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk mengetahui masyarakat yang miskin diwilayahnya. 

“Sekda Kampar Menegaskan, Pemutakhiran data ini untuk segera di laksanakan, agar program-program pengentasan kemiskinan ini tepat sasaran dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat terkhusus pada masyarakat miskin ekstream di Kabupaten Kampar.”tutupnya.” 

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP mengatakan bahwa adapun maksud dan tujuan rapat ini merupakan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah terhadap Percepatan penanggulangan kemiskinan terutama percepatan penghapusan kemiskinan ekstram, melalui program dan kegiatan yang tepat fokus dan modus dalam perencanaan dan penganggaran. 

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan Peran kelembagaan TKPK sinergitas program dan anggaran untuk penanggulangan Kemiskinan.”tutupnya.”tutupnya.” 

Setelah dibuka oleh Pj Sekda Kampar, Peserta Sosialisasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstream memberikan Asiparasi atau keluhan diberbagai Desa, dan Masing masing Kepala Desa seperti Kades Alam Panjang dan Kades Bukit Melintang Kuok mempermasalahkan Data yang yang diberikan, karena jumlah kemiskinanan didesa tersebut tidak sebanyak yang ada di data tersebut.(PS/NURMAN) 

Komentar Anda

Terkini: