Tingkatkan Strategi Polmas, Ditbinmas Polda Riau Gelar OTO di Polres Kampar

/ Senin, 15 Mei 2023 / 13.10.00 WIB

 

POSKOTA SUMATERA. COM- BANGKINANGKOTA- Polda Riau melalui melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) menggelar Training of Trainer (TOT) Pengemban Strategi Perpolisian Masyarakat (Polmas) Sosialisasi Program Polisi RW oleh Dit Binmas Polda Riau di Polres Kampar dan Jajaran selama. 

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai berikut Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo SIK, Waka Polres Kampar KOMPOL Aandi Candra Putra SIK MH, Ketua Team Kasubdit Dit Binmas Polda Riau AKBP Vera Taurensa, Ss,MH beserta rombongan, Kasat Binmas Polres Kampar AKP Era Maifo, SH, 

KBO Sat Binmas Polres Kampar IPTU Rusman, para Kanit dan staf Sat Binmas Polres Kampar, Kanit Binmas Polsek Jajaran Polres Kampar, personil Polres Kampar dan Jajaran Polres Kampar dan peserta pelatihan Training of Trainer Polres Kampar +- 50 orang.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo SIK, di Aula Sanika Satyawada Polres Kampar, Senin (15/5/2023) sekira pukul 08.30 WIB.

Sementara itu Kapolres Kampar dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini merupakan implementasi Perpol Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perpolisian Masyarakat.

“Polmas tidak hanya diemban oleh fungsi Binmas saja tetapi juga melibatkan fungsi kepolisian lainnya. Sesuai UU RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, di awal disebutkan bahwa keamanan dalam negeri merupakan syarat utama mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil, makmur dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” katanya. 

Lanjutnya, tujuan Polmas di antaranya adalah bagaimana bisa memberdayakan masyarakat dan bisa menciptakan lingkungan menjadi suatu lingkungan yang aman dan tertib.

“Tujuan Polmas itu untuk membantu kita. Masyarakat mendapatkan hal yang positif yaitu rasa aman, demikian juga tugas-tugas kita menjadi terbantu dengan adanya masyarakat yang kemudian peduli terhadap tugas-tugas Polmas,” jelas Kapolres. 

Dirinya berharap, seluruh peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan serius sehingga kelak memenuhi kualifikasi dan syarat untuk menjadi trainer Polmas.

“Yang terpenting adalah jabarkan pada saat sudah kembali ke satuan wilayah masing-masing sebagai sebuah kepercayaan yang diberikan oleh institusi Polri untuk mengembangkan Polmas. Kemudian saya juga berharap agar Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang mungkin sebelumnya sudah tidak aktif lagi agar dimaksimalkan dan diberdayakan lagi,” pungkas Didik. 

Setelah itu, dilanjutkan oleh Tim Polda Riau untuk memaparkan lebih lanjut. Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pukul 11.00 Wib, selama acara kegiatan Berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif.(PS/NURMAN) 

Komentar Anda

Terkini: