SMKN 1 Marancar Sukses MPLS, Tumbuhkan Potensi Siswa/i Baru Dan Bangun Interaksi Positif di Sekolah

/ Kamis, 13 Juli 2023 / 22.29.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMKN 1 Marancar  telah memulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru. Kegiatan MPLS dimulai hari ini pada  Kamis tanggal 13 Juli 2023, diikuti oleh MPLS inti selama tiga hari, yaitu 13-15 Juli 2023.  


Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran M.Pd menekankan pentingnya saling mengenal satu sama lain bagi para siswa baru. Ia juga menekankan pentingnya patuh dan taat terhadap peraturan sekolah, membiasakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), serta disiplin.

MPLS bertujuan untuk mengenali potensi peserta didik baru dan membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Selain itu, MPLS juga bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar, mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah, serta menumbuhkan perilaku positif," ungkap Kasek.

"Lebih lanjut disampaikannya,"ada 95 siswa/i yang mengikuti MPLS, terbagi menjadi 4 kelas dari 3 program keahlian yaitu jurusan Agri Bisnis Tanaman Perkebunan 56 Orang, Jurusan Agrbismis tanaman pangan dan holtikulutura 17 orang,  Tehnik. Komputer dan jaringan 22 orang. 

Selama tiga hari, mereka menerima berbagai materi dari guru-guru SMKN 1 Marancar dan narasumber," pungkas Kasek.

Pada hari pertama, siswa diberi materi tentang Pengenalan Kurikulum Merdeka, yang meliputi tujuan, karakteristik, struktur, dan perbedaannya dengan kurikulum lama, pengenalan struktur organisasi,  sistem belajar yang efektip, Peraturan akademik, pengenalan sarana dan prasarana.

Pada hari kedua Jum'at (14/7-2023) apel pagi  dan pelaksanaan baris berbaris ( PBB  )oleh BABINSA).  Sedangkan hari ketiga apel pagi, tata tertib sekolah dan acara penutupan PLS, " ungkap Kasek. 

Selanjutnya,  mendapatkan materi mengenai “Pengenalan Potensi Diri Peserta Didik Baru” , yang bertujuan untuk mengenali bakat dan minat siswa.


 MPLS SMKN 1 Marancar menjadi ajang bagi siswa baru untuk mengenal sekolah, menumbuhkan potensi diri, dan berinteraksi positif dengan warga sekolah," beber Kasek.

"Sedangkan Ketua Panitia Tetti Irawati SSI kepada awak media mengatakan  melalui kegiatan MPLS diharapkan siswa 

1. Mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

2. Mampu menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

3. Mampu mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: