Pemdes Panobasan Kec. Angkola Barat Sukses Salurkan BLT DD Triwulan IV Kepada 56 KPM

/ Jumat, 22 Desember 2023 / 19.50.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Panobasan Kecamatan Angkola.Barat Kabupaten Tapanuli Selatan  hari ini sukses  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa  Triwulan ke IV  Bulan Oktober s/d Desember tahun 2023  kepada 56 Keluarga Penerima.Manfaat  (KPM)  sebanyak Rp 900.000 ( sembilan ratus ribu) setiap KPM pada  hari ini Jum'at  22  Desember  2023 yang bertempat  di kantor Kepala Desa setempat.



Ketua BPD Dahrul Siagian dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan agar  KPM BLT DD ini untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok sehari hari ujarnya.


 Penyaluran BLT-DD, Dihadiri Langsung Oleh Kepala desa Panobasan Zulham Efendi Siregar, selain itu dihadiri pula  oleh  Ketua BPD, Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S.Sos yang diwakili Plt Kasi Pemerintahan Parlindungan Harahap S.Sos, Tenaga pendamping Desa , Aparat Desa dan keluarga  penerima manfaat (KPM)  BLT DD.



Bapak  Zulham Efendi Siregar selaku kepala Desa Panobasan sambutan dalam acara Penyaluran BlT DD ini menyampaikan," Bantuan Langsung Tunai dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen. Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023.


Disampaikan," Pemerintah Panobasan memilih penyaluran BLT DD kepada  KPM ( keluarga penerima manfaat)  maksimal 25 persen.  Dan penerima BLT DD ini sudah sesuai hasil musyawarah  Desa," ujarnya.



Beliau menyampaikan bahwa bantuan BLT untuk dapat membantu perekonomian masyarakat yang termasuk dalam kategori miskin, sehingga menjadi salah satu bentuk upaya pengurangan kemiskinan ekstrem di wilayah desa Panobasan," ujarnya.


Program penyaluran  BLT DD Tahun ini  sudah berakhir,  untuk tahun depan belum ada tahu kita regulasinya.  Besar harapan kami tahun depan BLT DD ini masih ada . Pembagian BLT DD Tahun ini berjalan lancar," ujarnya.



Kepala Desa Panobasan juga berharap dana BLT ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,  agar manfaat dana BLT lebih maksimal.  ". Ujar pak kades.


Atas nama Pemerintah Desa kami memohon maaf bilamana ada pelayanan penyaluran BLT DD Tahun ini  ada yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu kami meminta maaf sebesar besarnya," ucap Kades Panobasan.


"Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu yang diwakili Plt Kasi Pemerintahan Parlindungan Harahap menyampaikan titip salam Pak Camat tidak bisa hadir di acara ini karena ada tugas penting yang tidak bisa ditinggalkan.


 Disampaikan," Atas nama Pemerimtah Kecamatan Angkola Barat menyampaikan  mudah mudahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari seperti saat ini untuk kebutuhan sekolah," ujarnya.


Disampaikan ada warga masyarakat yang wajar dibantu tidak bisa dibantu karena tidak masuk  namanya di administrasi Desa.  Atas nama Pemerintah Kecamatan Angkola Barat memberikan apresiasi karena Pencairan BLT DD  Triwulan IV  di Kecamatan Angkola Barat yang tercepat, dan  mengalokasikan  anggaran BLT DD maksimal 25 persen adalah  desa Panobasan," ujarnya.


Sementara disisi lain, ibu S.Harahap  Salah satu Keluarga Penerima Manfaat juga menyampaikan Rasa senang, karena terdaftar dan disalurkan BLT jelang tahun baru .


 Alhamdulillah saya sangat senang karena sudah bisa dipake beli kebutuhan sekolah dan kebutuhan sehari hari," ujarnya.


Kemudian Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa yang sudah menyalurkan BLT, tepat sesuai waktu kebutuhannya katanya.(PS/BERMAWI)




 
Komentar Anda

Terkini: