Perlu Diketahui,Sentra IKM Kopi Barung-Barung Nantinya Dibawah Naungan UPT

/ Sabtu, 30 Maret 2024 / 14.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI – Sesuai pantauan Poskotasumatera.com,  Pengelolaan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) kopi yang saat ini lokasinya berada  di Barung-barung, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara,bangunannya sudah selesai.

Sentra IKM kopi Barung-barung yang dibangun padaTahun Anggaran 2023 dengan nilai kontrak sebesar RP.2.811.116.856,83. Dana Aokasi Khusus(DAK) Tahun Anggaran 2023.Pelaksana Pekerjaan CV,PARSAMEAN UTAMA.Dari Dinas Perindustrian,Perdagangan,Koerasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dairi.

Ketika baru-baru ini Poskotasumatera.com langsung menanyakan melalui Whatsapp Kadis Perindustrian,Perdagangan,Koerasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dairi Iwan Taruna dalam jawabannya menyebutkan, Pengelolaan sentra nantinya akan ada dibawah koordinasi UPT. Pusat Layanan Terpadu dibantu Pendamping IKM yang berasal dari dana DNF Bidang Perindustrian T.A 2024. Perlakuan ini sama untuk semua sentra IKM yg ada ungkap mantan ASN dari Kabupaten Pakpak Bharat dan pernah menjadi  Direktur PD PAL Kabupaten Pakpak Bharat .

Salah satu penggiat kopi yaitu Kansiom dalam keterangannya kepada Poskotasumatera.com, menyebutkan,setelah membaca berita yang disampaikan Kadis Peindagkop dan UKM Kabupaten Dairi beberapa hari yang lalu,dimana disebutkan bahwa pengelolan Sentar IKM Kopi Barung-barung dibawah naungan UPT.Pusat Layanan Terpadu.

Berarti tidak bisa perorangan,atau kelompok ungkap penggiat kopi yang sudah berkecimpung di dunia kopi sekitar 5 tahun ini,dan telah banyak mendapat sertifikat dibidang kopi. Artinya kalau masalah kopi ini,saya tidak cakap sombong,boleh diuji dari kemampuan saya,saya rasa bolehlah,saya sudah beberapa kali ikut dalam pelatihan dibidang kopi ini.

Dan setiapa saya ikuti pelatihan,saya manfaatkan ilmu para narasumber yang sudah berpengalaman baik secara Nasional,maupun secara Internasional.  Karena ilmu itu sangat berharga bagi saya,belajar terus setiap malam,kadang kala sering saya sampai jam 5.00 wib pagi tidur,sambil memprektekkan apa yang saya dapat dalam pelatihan itu.Itulah sanking berharganya ilmu itu untuk saya,ujarnya.

Dilain pihak Poskotasumatera.com,dalam waktu dekat akan menyampaikan surat wawancara tertulis kepada Kadis Peindagkop dan UKM Kabupaten Dairi,seputar tentang peralatan pengolahan Kopi di Sentra IKM kopi Barung-barung dan tentang peralatan pengolahan kopi di PLUT dikomplek Stadion lama Sidikalang. BERITA ,…BERSAMBUNG   (PS/K. TUMANGGER/KPT).

Komentar Anda

Terkini: