Soal Mengelola Kopi, Bupati Dairi : Langkah Konkrit Pemkab Dairi Menghadirkan HRNS

/ Rabu, 27 Maret 2024 / 19.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI - Bupati Dairi kembali melakukan 'Temu Lapang' bersama petani di Bumdes Baja, Desa Bangun, Kecamatan Parbuluan.

Seperti biasa, saat temu lapang kami berdialog mengenai langkah-langkah kongkrit yang diambil pemerintah dalam mewujudkan Agri Unggul.

Topik bahasan pagi tadi soal mengelola kopi. Saya sampaikan langkah konkrit Pemerintah Kabupaten Dairi dengan menghadirkan HRNS. Dalam hal hal ini mereka mengajari agar petani bisa mengelola kopi dengan baik, meningkatkan kualitas dari biji kopi, sehingga petani bisa menembus pasar internasional dan berkecimpung di hilirnya yaitu perdagangannya.

Kita bisa melihat keuntungan besar yang ada di hilir. Untuk itu saya ajak petani membentuk koperasi, agar kelembagaannya menjadi lebih kuat. Kita bisa ekspor greenbean hingga luar negeri, kita bisa olah kopi menjadi produk-produk jadi, yang tentu saja nilai tambahnya lebih banyak dan dapat lebih mensejahterahkan petani. Nanti dalam prosesnya, kami dari pemerintah bisa bantu di regulasinya. Untuk itu saya harap petani yang berada di bawah binaan HRNS dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan menerapkan segala ilmu yang diberikan.

Langkah konkrit lainya adalah; Pemerintah Kabupaten Dairi telah bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) untuk membantu petani di Dairi, salah satunya di Desa Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan. ADB akan membangun infrastruktur yang menghubungkan sentra-sentra produksi dan juga membantu dari permodalan hingga pemasaran.

Kita bisa melakukan transfer knowledge (berbagi ilmu) mereka datang ke sini mempelajari metode yang diajarkan HRNS, begitu pun sebaliknya. Pertanian merupakan kekuatan Kabupaten Dairi.   (PS/K. TUMANGGER/KPT).

Komentar Anda

Terkini: