Dishub Kampar Siagakan 96 Personel Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024

/ Rabu, 10 April 2024 / 00.19.00 WIB

 

 POSKOTASUMATERA. COM - KAMPAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kampar menyiagakan 96 personel termasuk tim pengurai kemacetan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2024. Personel tersebut akan ditempatkan di delapan pos yang tersebar di sepanjang jalur mudik di Kampar.

"Total ada delapan pos yang ditempati  bersama dengan tim gabungan Polri  dan TNI,"  kata Kepala Dishub Kampar, Refizal, melalui Sekretaris Kholis Febriyasmi, di ruang kerjanya pada Kamis (04/04/2024). 

Kholis mengatakan, delapan pos tersebut berada di, Pintu Tol Sungai Pinang, Pintu Tol Bangkinang Seberang, Pintu Tol Tanjung Alai. Kemudian di Lapangan Merdeka Bangkinang, XIII Kotor Kampar tepatnya di Jembatan Satu, Kecamatan Tapung, Siak Hulu di Pom Bensin Pandau Jaya dan Rimbo Panjang.

Selain menyiagakan personel di pos-pos tersebut, Dishub Kampar juga menyiapkan tim pengurai kemacetan. Tim ini akan bergerak cepat jika terjadi kemacetan di jalur mudik.

"Kita juga berkoordinasi dengan PU untuk segera menyelesaikan perbaikan jembatan lama di Bangkinang yang masih belum bisa dilalui," ujar Kholis.

Kholis memprediksi puncak arus mudik di Kampar akan terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran.

Sampai hari ini, volume kendaraan di jalur mudik Kampar masih terpantau normal. Namun, kita tetap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan," ucap Kholis.

Ia mengatakan ada beberapa titik yang dimungkinkan rawan terjadi kemacetan, diantaranya, di Jembatan Bangkinang karena satu jembatan dalam perbaikan. Kemudian di Jalan M. Yamin karena ada pelebaran jalan dan Jalur di XIII Koto Kampar sebab rawan terjadi longsor dan jalan rusak.

Sebagai langkah antisipasi jika terjadi kemacetan, Kholis mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di Jembatan Bangkinang. Dan juga sudah ada tim pengurai kemacetan dari Dishub dan pihak kepolisian yang nantinya dilengkapi dengan rambu-rambu portabel dan perlengkapan lainnya untuk kelancaran jalan.

Kholis menyatakan pihaknya telah siap menghadapi arus mudik lebaran, "Insya Allah kita siap hadapi, anggota standby dengan sip yang ada, tidak ada libur untuk menghadapi arus mudik nanti," katanya.

Kita juga menghimbau pengguna jalan agar berhati-hati dan mengikuti aturan lalu lintas. Patuhi arahan petugas di lapangan, gunakan jalur alternatif jika terjadi kemacetan," pungkasnya mengakhiri.(PS/NURMAN) 


Komentar Anda

Terkini: