Dinkes Lhokseumawe Promosikan Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Hati (Liver)

/ Selasa, 07 Mei 2024 / 19.23.00 WIB
Hati merupakan organ tubuh yang perlu selalu dilindungi 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE  -- Hati merupakan organ tubuh yang perlu selalu dilindungi karena fungsinya yang vital. Jangan sampai membiarkan terjadinya penyakit hati. Salah satu cara untuk cegah penyakit hati adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Hati adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang perlu dijaga keberlangsungannya. Organ ini memiliki banyak manfaat yang vital bagi tubuh, seperti menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit hati adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

Demikian diutarakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza melalui  Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Lhokseumawe Zulfikar M.Kes kepada Poskota belum lama ini di Lhokseumawe.

Zulfikar M.Kes mengatakan hati atau liver memainkan peran yang penting dalam sistem pencernaan di tubuh. Segala sesuatu yang kamu minum ataupun makan akan melewati organ tubuh ini. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hati untuk tetap sehat dan dapat melakukan fungsinya seperti semestinya. Cara paling mudah yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan gaya hidup sehat.

Hati berguna untuk membantu tubuh membersihkan darah dengan membuang bahan kimia berbahaya yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, organ ini juga membantu memproduksi cairan yang disebut empedu dengan fungsi untuk memecah lemak dari makanan. 

Fungsi hati lainnya adalah menyimpan gula yang berguna untuk memberikan dorongan energi saat tubuh membutuhkannya. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah penyakit hati untuk terjadi. Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk menjaga hati tetap sehat, terang Zulfikar M.Kes.

Hentikan Konsumsi Alkohol, Cara pertama untuk cegah penyakit hati adalah dengan menghentikan konsumsi alkohol. Minuman dengan kandungan ini dapat merusak sel-sel hati dan menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut sehingga menimbulkan sirosis yang dapat mematikan. 

Konsumsi Makanan Sehat, Kita juga perlu untuk rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Pastikan untuk mempertahankan berat badan yang ideal guna mencegah kemungkinan terjadinya penyakit hati berlemak non-alkohol yang juga dapat menimbulkan sirosis. Dengan memberikan tubuh nutrisi yang tepat, dan menghindari makanan cepat saji adalah pilihan yang perlu kamu jalani.

Berolahraga secara Teratur, Sama seperti semua organ tubuh lainnya, hati juga dapat terjaga kesehatannya jika kamu berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko akumulasi lemak di sekitar hati. Jika hati berlemak, organ tersebut dapat mengalami peradangan, jaringan parut, sirosis, atau bahkan kanker hati. Maka dari itu, pastikan untuk berolahraga secara rutin.

Hindari Efek Samping Obat, Beberapa obat-obatan, termasuk obat kolesterol, terkadang memiliki efek samping yang dapat menyebabkan penyakit pada hati. Selain itu, obat penghilang rasa sakit acetaminophen juga dapat melukai hati jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak dan terlalu sering. Pastikan ke dokter terkait efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi secara rutin.

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk cegah penyakit hati. Faktanya, semua hal yang disebutkan bukan hanya dapat menjaga hati untuk tetap sehat, tetapi juga beberapa organ penting lainnya. Selain itu, juga perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik secara rutin setiap tahunnya guna memastikan tubuh tetap sehat.

Berikut Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Hati!

Sayuran Hijau, Kol atau brokoli mengandung unsur Isotiosianat yang ampuh mempenggaruhi penyakit kronis seperti seperti sirosis hati. Selain itu sayuran hijau juga mengandung unsur yodium yang penting bagi kesehatan kelenjar getah bening yang berfungi memicu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.

Bayam, Bayam mengandung unsur Betaine yang merupakan komponen nutrisi penting untuk fungsi hati. Betaine juga terbukti bisa mencegah munculnya beragam penyakit kronis.

Wortel, Wortel mengadung Pro-vitamin A dalam bentuk beta karoten dalam kadar tinggi. mengkonsumsi wortel bagus untuk menjaga kesehatan hati karena tubuh akan menjadi vitanin A. minum just wortel bagus untuk membersihkan hati. Tapi jangan berlebihan karena beta karoten juga bisa memicu keracunan hati.

Alpukat, Riset ilmiah di jepang membuktikan alpukat berpotensi dalam memblokir radang hati dan menekan risiko keracunan hati pada tikus percobaan. Penelitian lebih lanjut juga menunjukan konsumsi alopukat di kombinasikan dengan makanan yang mengandung beta karoten membantu hati menyerap unsur Pro-vitamin A dan mengubahnya menjadi vitamin A.

Bawang Putih, Selama ribuan tahun bawang putih sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan yang ampuh menyembuhkan beragam penyakit. Bawang putih memiliki efek membersihkan darah, bermanfaat bagi sistem pernafasan dan kini juga terindikasi memiliki efek melindungi hati, demikian tutur Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Lhokseumawe Zulfikar M.Kes. (ADV).
Komentar Anda

Terkini: