Berbiaya Miliaran, Gedung Sakansanwira Medan Marelan Terbengkalai, Banyak Aset Raib, Hasyim SE : Walikota Medan dan APH Turun Tangan

/ Jumat, 21 Juni 2024 / 13.51.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Gedung Sakasanwira sebagai sarana promosi produk UMKM yang dibangun di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan berbiaya 2,8 miliar diduga terbengkalai sebelum digunakan. 

Data diperoleh dari LPSE pemkomedan.go.id, Jumat (21/6/2024) Proyek Pembangunan Pusat UMKM Sakasanwira ini dilaksanakan dilelang Agustus 2023 dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (PKPCKTR) Kota Medan yang dimenangkan CV Tri Prima Nusantara dengan total Harga Penawaran Sendiri (HPS) Rp. 2.286.515.000,-. 

Mungkin niat Walikota Medan Bobby Afif Nasution, pembangunan Pusat UMKM Sakasanwira ini guna memajukan usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Medan guna peningkatan ekonomi masyarakat. Namun realisasinya diduga tak sesuai ekspestasi. 

Pantauan wartawan, Jumat (21/6/2024) Gedung Pusat UMKM Sakasanwira terlilat terbengkalai. Terlihat kondisi kupak kapik disana sini. Banyak aset gedung pusat UMKM ini yang hilang. 

Aset yang hilang diantaranya, Akrelik Papan Nama Sakasanwira, Pagar Besi, Gerbang Besi, Kabel-kabel listrik, puluhan lampu penerangan, puluhan meja dan kursi, kloset dan pintu kamar mandi,kran-kran air dan banyak aset lainnya. 

Jika ditaksir, kerugian kehilangan aset Gedung Pusat UMKM Sakasanwira Medan Marelan ini mencapai ratusan juta rupiah. Angka yang fantastis dan terkesan mubajir.


Masyarakat meminta penegak hukum segera menyelidiki raibnya aset-aset negara di Pusat UMKM Sakasanwira Medan Marelan ini. Agar diketahui akar masalah dan dalang serta pelaku pencurian aset negara ini. 

Tak satupun pejabat terkait di Pemko Medan berkomentar atas kondisi miris itu. Kepala Dinas PKPCKTR Medan Alexander Sinulingga, Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Medan, Kepala Inspektorat Medan tak merespon konfirmasi yang dilayangkan wartawan, Jumat (21/6/2024) via pesan Whats App mereka. 

MINTA DITINDAK TEGAS

Dugaan terbengkalainya Gedung Pusat UMKM Sakasanwira di Medan Marelan disikapi tegas Ketua DPRD Medan Hasyim SE. Kepada wartawan, Jumat (21/6/2024) Ketua DPC PDIP Medan ini meminta, Walikota Medan dan Kepala Inspektorat memeriksa masalah itu dan menindak instansi tekhnis yang lalai hingga terbengkalainya gedung berbiaya miliaran itu. 

“Kita minta gedung itu segera digunakan. Akibat terbengkalai dan hilangnya aset. Walikota Medan dan Inpektorat diminta selidiki instansi yang bertanggungjawab. Kalau terbukti ada kelalain segere ditindak,” tegasnya.

Hasyim yang juga Caleg Sumut terpilih ini menyatakan, pembangunan berbiaya miliaran rupiah dari uang rakyat jangan jadi mubajir. Segera gunakan dan kelalaian tak digunakan hingga kini, harus adan yang bertanggungjawab. 

Kepada Aparat Penegak Hukum, Hasyim SE juga berharap melakukan pengawasan dan pemeriksaan menyeluruh atas proyek Pusat UMKM Sakasanwira di Medan Marelan itu. 

“Inspektorat periksa, Aparat Penegak Hukum juga diharapkan turun. Agar tak mubajir pembangunan pakai uang rakyat miliaran rupiah ini,” pungkasnya. (PS/RED)






 

Komentar Anda

Terkini: