Menikmati Destinasi Wisata Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil

/ Sabtu, 29 Desember 2018 / 21.49.00 WIB




POSKOTASUMATERA.COM-SINGKIL-Kepulauan Banyak atau disebut Pulau Banjak merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang merupakan destinasi wisata yang amat indahnya karunia Allah SWT pada daerah itu.

Ibu kota kecamatannya terdapat di Pulau Balai yang sekaligus merupakan nadi perekonomian dari Kepulauan Banyak karena di sanalah transaksi ekonomi antar penduduk berlangsung dan mempunyai fasilitas lengkap di banding pulau-pulau lainnya di Kepulauan Banyak

Kepulauan Banyak sendiri berada pada koordinat 97°3’40″ BT – 97°27’58″ BT dan 1°58’25″ LU – 2°22’25″ LU. Kepulauan ini memiliki luas daratan 135 KM2 dan laut seluas 200.000 KM2.

Pulau Banyak dibagi dalam dua kecamatan, yaitu: Kecamatan Pulau banyak, terdiri dari 3 desa yaitu desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung. Kedua adalah Kecamatan Pulau Banyak Darat, terdiri dari 4 desa yaitu desa Haloban, Asantola, Ujung Sialit dan Suka Makmur.

Terdapat 3 bahasa yang dituturkan di kepulauan ini, yaitu: bahasa Aneuk Jamee, bahasa Holoban, dan bahasa Nias. Bahasa Aneuk Jamee dituturkan suku Aneuk Jamee. Selain itu, bahasa ini adalah lingua franca bagi ketiga etnis di kepulauan ini selain Bahasa indonesia. Bahasa Haloban dituturkan oleh suku Haloban sedangkan bahasa Nias dituturkan oleh suku Nias.

Kepulauan Banyak merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang sangat mempesona. Sebagai daerah kepulauan, tentu saja memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut, sering memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya.

Lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis.

Sebelum ke Pulau Banyak ada baiknya bermalam di Kota Singkil yang merupakan pusat Ibukota Kabupaten Aceh Singkil kita akan menikmati Sunset pada sore menjelang malam dengan latar belakang keindahan panorama laut di Pulau Sarok. Lalu paginya akan menikmati sunrise yang amat menyejukkan sanubari kita.


Dengan mengendarai Fery atau kapal kayu bertenaga mesin kita akan sekitar 4 jam sampai ke Pulau Balai pusat ekonomi di Pulau Banyak. Namun jika kiat mencarter Speed Boat dengan tarif Rp. 1,5 juta s/d 1,8 juta dengan kapasitas 10 orang maka kota akan sampai ke Pulau Balai sekitar 1,5 jam saja.

Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil merupakan destinasi wisata yang layak dikunjungi dan menjadi viral diberitakan di dunia maya maupu media social. Usaha masyarakat Pulau Banyak dalam mempromisikan Destinsi Wisata Pulau Banyak membuahkan hasil yang sangat pesat sekarang Pulau Banyak menjadi Destinsi Impian Wisata Pantai baik Turis Domestik maupun Turis Internasional.

Pulau Banyak merupaka gugusan pulau kecil dan besar yang berjumlah 99 pulau menjadikan daya tarik tersendiri untuk para pecinta alam dan pantai, selain Keindahan pantai, laut dan alam nya yang memukan di Pulau Banyak juga bisa menikmati atau melihat Penyu Hijau, gerombolan Paus dan Lumba Lumba di kawasan Wisata Pulau Banyak.

Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di Pulau Banyak mulai dari Hopping island, Snorkeling , diving, Surfing, Selfi di jematan Balaibung, Kayaking, Menikmati Sunset dan Surase yang tentunya semua mengasikkan. Dari beberapa aktifitas yang bisa kita lakukan di Pulau Banyak  Yang jangan sampai ketinggalan Hopping island ya ada 7 destinasi yang wajib dikunkungi di pulau banyak, berikut 7 Destinasi Pulau di Pulau Banyak yang wajib dikunjungi.


Pulau Balai merupakan sebuah Desa di Kecamatan Pulau Banyak, Pulau Balai juga merupakan Ibu kota Kecamatan Pulau Banyak juga pulau yang terpadat penduduknya dari pulau atau desa lain di Pulau Banyak, untuk Kelengkapan Fasilitas di pula ini yang terlengkap mulau dari Penginapan, Home Stay, Tranfortasi laut, Penyewaan Alat Snorkeling, Penyewaan Tenda Camping,  Ruma Makan, Warung Kopi, Kebutuhan Sembako dan lainnya.
Banyak Spot Wisata di Pulau Balai seperti Jembatan Balaibung jembatan penghung Pulau Balai dengan Teluk Nibung, Pantai Barat Pulau Balai anda bisa menikmati Sunset, Mengayu Kayak anda bisa mengunjungi Kerambak Budidaya Ikan hasil laut, Menikmati Kuliner Mie Aceh, Kopi Aceh Khas Aceh ala Pulau Banyak dan Gulai Rabu Rabu khas Pulau Banyak.



 

PULAU PANJANG

Pulau Panjang, nama pulau ini sangat Tepat dengan Geografisnya yang Panjang. Pulau ini letaknya dekat dengan Pulau Balai. Di pulau ini juga banyak aktifitas yang bisa kita lakukan seperti Snorkeling, Camping, menikmati keindahan pantai ditemani lambaian daun daun kelapa yang rindang dan pasir pantai yang putih dan lembut.

PULAU RANGIT

Pulau Rangit destinasi favorit Wisata Pulau Banyak dikarenakan memiliki sebuah mercusuar. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pulau Panjang, sekitar 15 menit dari Pulau Panjang. Dari mencusuar ini kita bisa melihat indahnya gradasi warna laut yang sangat indah membuat pemandangan dari atas mencusuar makin bewarna, dari Mercusuar pulau Rangit kita bisa menikmati keindahan Gugusan pulau pulau sekitat.

PULAU PALAMBAK

Pulau Sikandang, Banyak aktivitas yang  dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di pulau ini, laut di pantainya yang tenang, dangkal, dan landai sangat aman untuk aktivitas berenang atau bermain kayak sambil menikmati indahnya dasar laut berpasir putih.

Berjalan mengelilingi pulau nampaknya ide yang bagus juga untuk menikmati suasana pulau yang dipenuhi hamparan pohon kelapa ini. Sepertinya sudah menjadi takdirnya pohon kelapa untuk berpasangan dengan pantai pasir putih, keduanya berpadu menjadi pemandangan yang indah.

Bagi Anda yang jenuh dan lelah dengan suasana hiruk pikuk kota, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur  menyegarkan kembali fikiran dengan suasana yang tenang dan sunyi melupakan segala persoalan di tempat kerja
Pantai yang berada di pulau ini banyak yang masih perawan belum banyak orang yang mengetahui pantai-pantai pulau banyak ini, Pulau ini di kelilingi oleh pasir yang putih lembut. Pohon-pohon kelapa yang berjajaran terlihat condong ke laut. Vegetasi pulau Sikandag ini masih di dominasi oleh pohon kelapa. Tidak hanya itu pulau sikandang ini juga terkenal dengan sunset nya.

 

PULAU TAILANA

Belum lengkap rasanya bila tak ke Pulau Tailana. Pulau itu jadi maksud paling utama wisatawan karena di kenal sebagai lokasi snorkeling. Keindahan pemandangan Pulau Tailanajuga terlihat dari hamparan pasir putih bak permadani yang ditumbuhi berjubel pohon kelapa. Hamparan pasir putih nan lembut ini sering menarik beberapa wisatawan untuk memanjakan badannya. Di sebagian pojok pulau ada juga pasir kasar yang datang dari pecahan batu karang. Pasir-pasir itu menyebabkan dampak kilatan sinar seperti berlian saat terpantul cahaya matahari. Sembari bermain di pasir, pengunjung dapat juga melepas pandangan ke gugusan pulau yang ada di seberangnya. Air laut berwarna biru tosca muda, membetot raga untuk selekasnya menceburkan diri.

Sesaat untuk lokasi snorkeling pengunjung mesti berenang sekitaran 100 mtr. ke arah Utara yang menyuguhkan panorama bawah lautnya seperti akuarium raksasa. Laut di sekitar Tailana terlihat dangkal serta jernih. Hamparan pasir putihnya juga cukup luas. Hingga pulau yang masuk dalam lokasi Kecamatan Pulau Banyak Barat ini, begitu pas jadi tempat liburan berbarengan keluarga. Membawa anak-anak bermalam di lokasi pantai tak jadi masalah, karena ada cottage yang dilengkapi kelambu. 

PULAU ASOK

Banyak kegiatan dan aktifitas yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di pulau ini, laut di pantainya yang tenang, dangkal, dan landai sangat aman untuk aktivitas berenang atau bermain kayak sambil menikmati indahnya dasar laut berpasir putih.

Berjalan mengelilingi pulau nampaknya ide yang bagus juga untuk menikmati suasana pulau yang dipenuhi hamparan pohon kelapa ini. Sepertinya sudah menjadi takdirnya pohon kelapa untuk berpasangan dengan pantai pasir putih, keduanya berpadu menjadi pemandangan yang indah.

Bagi Anda yang jenuh dan lelah dengan suasana hiruk pikuk kota, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur menyegarkan kembali fikiran dengan suasana yang tenang dan sunyi melupakan segala persoalan di tempat kerja
Pantai yang berada di pulau ini banyak yang masih perawan belum banyak orang yang mengetahui pantai-pantai pulau banyak ini, Pulau ini di kelilingi oleh pasir yang putih lembut. Pohon-pohon kelapa yang berjajaran terlihat condong ke laut. Vegetasi pulau Asok ini masih di dominasi oleh pohon kelapa. Tidak hanya itu pulau Asok ini juga terkenal dengan sunrase dan sunset nya.

Siapa yang suka dengan pantai seperti ini sebenarnya juga terdapat cottage, namun sepertinya nggak terlalu terawat. Camping dan menghabiskan waktu beberapa hari di Pulau Asok mungkin akan sangat menyenangkan. Karena Pulau Asok ini adalah salah satu pulau di gugusan Pulau Banyak yang mempunyai pantai keren di dua sisinya.

Terutama pantai dan perairan dangkal yang bisa digunakan untuk berenang dan bersantai. Saya lupa di arah yang mana, namun kalau ada yang berkunjung ke Pulau Asok, carilah salah satu sisi yang perairannya dangkal dan tenang. Kalian pasti betah berlama-lama dan bermain di pantai itu.

 

PULAU LAMBUDUNG

Pulau Lambudung adalah Salah satu destinasi yang masih tergolong tersembunyi adalah Pulau Lambodung yang terletak di Kepulauan Banyak, Aceh Singkil. Pulau Lambodung masih belum banyak wisatawan yang pergi ke Pupulau ini letak pulau Lambodong berdekatan dengan pulau Asok.

Gradasi warna laut membuat pandangan menjadi lebih indah. Mata begitu memukau ketika disuguhkan pemandangan pasir putih yang halus seperti tepung, warna langit biru yang cerah, air yang jernih berwarna biru bak kristal serta suasana pantai yang sangat tenang dan bersih, hampir tidak terlihat sampah bertebaran. kiranya Pulau Banyak ini dapat menjadi salah satu destinasi favorit dunia. (PS/RED)










Komentar Anda

Terkini: