Komite UKM Sumut dan Yayasan Kesultanan Deli Bagikan Lahan Pertanian ke Petani Kampung Sagan Taneh Karo

/ Rabu, 14 April 2021 / 23.07.00 WIB



POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Kepedulian atas dampak erupsi Sinabung ditambah pandemi Covid 19 saat ini, Petani di Kabupaten Karo mendapat lahan pertanian di Kampung Sagan Taneh Desa Sukanalu.

Komite UKM Wilayah Sumatera Utara diketuai Hj Dewi Budiati TJS, ST bersama Perwakilan Yayasan Kesultanan Deli Orlin Edward Silitonga, Selasa (13/4/2021) membagikan 2.000 M2 lahan pertanian kepada 200 petani terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Orlin Edward Silitonga, Rabu (14/2021)mengatakan, pembagian lahan pertanian kepada 200 petani di Kabupaten Karo merupakan tahap awal atas pemberian lahan adat Datuk Sepuluh Dua Kuta yang selanjutnya surat dan data administratif lahan akan dimohonkan ke Pemerintah untuk diusahai para petani. 

Bersama dengan Komite UKM Wilayah Sumut Orlin Edward mengaku, akan berupaya mencarikan solusi pada para petani yang menderita kehilangan lahan pertanian agar ekonomi mereka kembali pulih. 

“Kami bersama Ibu Dewi Budiati bahu membahu mencarikan solusi mengatasi kehilangan mata pencarian para petani di Kabupaten Karo terdampak erupsi Gunung Sinabung berkepanjangan ditambah pandemi Covid 19 saat ini,” kata Orlin Edward Silitonga. 

Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya pada Pemkab Karo yang mendukung mereka dalam menjalankan misi pengentasan kesulitan warga dan membantu Pemerintah dalam program swasembada pangan saat ini. 

Petani penerima bantuan lahan, lanjutnya, merupakan binaan Komite UKM Sumut pimpinan Hj Dewi Budiati TJS, ST serta petani lain yang layak dibantu atas dasar verifikasi internal yang dilakukan. 

“Kami bersama pengurus Komite UKM Sumut dipercayakan dan mendapat amanah saat ini, akan bekerja sebaik baiknya untuk melaksanakan program Kementerian Koperasi dalam penyaluran bantuan yang tepat sasaran kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya di kampung Sagan Taneh ini,” terangnya. 


Selain lahan pertanian, Orlin Edward dan Pengurus Komite UKM Sumut bertekad akan membantu proses pengajuan bantuan bibit, pupuk dan pemasaran hasil pertanian dengan merangkul pemerintah dan swasta hingga petani mampu mandiri kedepannya. 

“Kami bertekad membantu hal lain, misalnya bibit, pupuk dan pemasaran hasil tani dengan merangkul pemerintah dan swasta. Agar kedepan kemandirian petani dapat disupport di awalnya dengan peran serta semua elemen,” katanya. 

Mewakili Petani penerima bantuan lahan pertanian, Darmin Karokaro menyampaikan rasa terima kasihnya atas sumbangsih Yayasan Kesultanan Deli dan Komite UKM Sumut yang terus mensupport para petani mengatasi masalah lahan mereka. 

“Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan Yayasan dan Komite UKM yang amat berarti karena amat kami butuhkan menjadi sarana penyambung rezeki setelah erupsi Gunung Sinabung yang menghilangkan lahan bertani kami,” katanya didampingi Perdamenta Sembiring. (PS/DIAN WAHYUDI)



Komentar Anda

Terkini: