Dirjend Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Ahmad Mahendra Hadiri Pembukaan Lake Toba Traditional Music Festival

/ Selasa, 09 Agustus 2022 / 12.26.00 WIB

Foto : Ahmad Mahendra Saat Menyampaikan Sambutan

POSKOTASUMATERA.COM - TOBA - Direktur Perfilman, Musik, dan Media (PMM) Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI Ahmad Mahendra hadiri pembukaan Lake Toba Traditional Music Festival (LTTMF) 2.0 di Desa Wisata Tarabunga, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Acara itu dilaksanakan pada Jumat kemarin, (5/8/2022). 

Tak hanya sendiri, kehadiran Ahmad Mahendra pada pagelaran LTTMF itu juga didampingi oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, Ketua Harian Geopark Kaldera Mangindar Simbolon, dan Plt. Kepala Aceh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Nurmatias. 

Rombongan mereka disambut hangat oleh Bupati dan Wakil Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama Tonny Simanjuntak, Wakapolres Toba, Kompol Lamin, Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Camat Tampahan Freddy A. Panjaitan, para Kepala Desa Se-kecamatan Tampahan, Kabid PIKP Dinas Kominfo, Rikardo Simamora, beserta undangan lainnya. 

Dalam suasana kilauan cahaya lampu,  Ahmad Mahendra bersama para tamu undangan lain yang hadir disuguhkan tontonan yang memukau yang dipersembahkan oleh 150 anak dari 3 Desa. Kemudian dilanjutkan dengan persembahan Opera, yang mengangkat tema Perempuan Penjaga Masa Depan dengan melibatkan 10 pemusik tradisional se-Kawasan Danau Toba dan 60 orang kaum ibu. Serta penampilan Marsada Band yang serasa menghipnotis para pengunjung yang memadati area pertunjukan. 

Diawal, sebelum membuka acara, Ahmad Mahendra dalam sambutan nya mengatakan

Bahwa Lake Toba Traditional Music Festival ini merupakan upaya memperkuat, sekaligus membangun ekosistem kebudayaan Indonesia. 

Menurut Mahendra, sepatutnya berbangga diri memiliki musik dan lagu tradisional ini. Mengingat Kabupaten Toba salah satu daerah yang memiliki potensi tersebut menjadi tuan rumah festival yang digagas Rumah Kreatif Indonesia yang diketuai Marojahan Andrian Manalu. 

"Semoga Lake Toba Traditional Music Festival menjadi penanda kita untuk bangga dengan kebudayaan kita," katanya

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya ingin anak-anak Toba ini nantinya yang akan diberdayakan dalam mengembangkan kegiatan kebudayaan karena daerah ini kawasan pariwisata super prioritas. 

"Selanjutnya bila ada kegiatan atau pagelaran budaya, anak-anak setempatlah yang menjadi pelaku utamanya," pungkasnya. 

Di akhir kata sambutan, Mahendra menitipkan pesan ke Pemerintah Kabupaten Toba melalui Bupati Toba agar terus memfasilitasi pengembangan kegiatan pagelaran kebudayaan daerah Toba. 

Bupati Toba, Poltak Sitorus yang yang dalam kesempatan nya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Toba menyambut baik kegiatan festival ini. Dirinya menaruh harapan kepada semua pihak, agar melalui musik tradisional tersebut seluruh elemen semakin mengenal kepribadian atau karakter diri sendiri. 

Menurut Poltak, salah satu kepribadian itu ialah Kepribadian Salam Batak Naraja, yang menyimbolkan sikap santun dan ramah tamah saat menyambut tamu. Melalui sikap menunduk sembari meletakan kedua tangan di dada. 

(PS/Firman)

Komentar Anda

Terkini: