Hadiri Wisuda 1.191 Mahasiswa UISU, Musa Rajekshah: Jangan Hanya Bepikir Mau Jadi PNS

/ Sabtu, 27 Agustus 2022 / 20.10.00 WIB



POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar lulusan perguruan tinggi jangan hanya berpikir ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja, setelah tamat kuliah. Melainkan lulusan perguruan tinggi harus mampu berpikir menjadi entrepreneur dan pemimpin.

Demikian dikatakan Wagub Musa Rajekshah saat menghadiri acara Wisuda Lulusan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Periode II Tahun Akademik 2021-2022, di Medan International Convention Center (MICC) Medan, Sabtu (27/8).

"Setelah ini saya berharap jangan hanya berpikir mau menjadi pegawai negeri sipil atau pegawai swasta saja. Tapi berpikirlah bagaimana adik-adik mau menjadi entrepreneur yang memiliki kreativitas dan bisa membuka peluang kerja untuk banyak orang," harapnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada 1.191 wisudawan/wisudawati lulusan UISU yang diwisuda. Menurutnya, ke depan persaingan semakin ketat dengan negara-negara lainnya. Era digital menuntut semua kalangan lebih kreatif.

“Sebagai lulusan perguruan tinggi, kita harus bisa bersaing dan menghasilkan karya yang lebih baik lagi," ujar Musa Rajekshah.

Saat ini Pemprov Sumut juga sedang mendorong UMKM untuk melek digital. Karena UMKM merupakan salah satu sektor yang mendongkrak dan menghidupkan ekonomi masyarakat. Ia berharap, para lulusan juga ke depannya menjadi generasi yang bermanfaat.

Pria yang akrab disapa Ijeck tersebut juga melihat bahwa kali ini yang diwisuda UISU juga lebih ramai dari sebelumnya. "Doa saya, UISU ke depannya semakin lebih baik lagi. Dan sebagai Ketua Ikatan Alumni UISU saya juga ucapkan selamat bergabung bersama kami untuk para wisudawan di Ikatan Alumni UISU,” ujarnya.

Ijeck juga mengingatkan para alumni agar tetap bisa memberikan kontribusi dan sumbangsihnya untuk membesarkan UISU. “Tidak lupa kepada dosen, para dekan dan orang-orang yang telah memberikan ilmu kepada kalian," sebutnya.

Sementara itu, Rektor UISU  Yanhar Jamaluddin dalam sambutannya mengatakan bahwa para wisudawan nantinya akan menjadi duta UISU di masyarakat. Untuk itu, ia berharap jadilah duta yang beretika dan memiliki atitude yang baik.

Saat ini, UISU juga telah melaksanakan monitoring dan evaluasi khususnya di bidang pendidikan. Belum lama ini, UISU juga telah melaksanakan KKN perdananya di empat kabupaten/kota yakni di Langkat, Sergai, Batubara dan Labusel, dengan menurunkan 960 mahasiswa.

"Kita juga terus melakukan pembelajaran hybrid, melakukan pengabdian kepada masyarakat dan lainnya. Kita juga saat ini sedang proses pembukaan Studi S3 Managemen dan Bahasa Inggris. Mudah-mudahan kita segera dapat izin operasionalnya," sebutnya.(PS/REL)

Komentar Anda

Terkini: