Kadis PMD Tapsel Dan Rombongan Berikan Pembinaan Kepada Apararur Desa dan BPD Desa Mondang

/ Selasa, 02 Agustus 2022 / 17.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Mantap,  Desa Mondang Kec. Sayurmatinggi Ikuti perlombaan desa binaan kategori PAAR tingkat Provinsi Sumatera Utara. Disela sela kesibukannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapanuli Selatan Mhd Yusuf Nasution SP yang diwakili Kabid Pemdes Erwin Muhammad Soleh dan rombongan masih menyempatkan waktu melaksanakan pembinaan di Desa Mondang Selasa (2/8-2022).


Kabid Pemdes Erwin Muhammad Soleh," menyampaikan titip salam dan permohonan maaf Kadis PMD Tapsel Mhd Yusuf Nasution, SP tidak bisa hadir dihadapan kita bersama karena ada tugas penting yang bisa ditinggalkan. 


Erwin Kabid Pemdes menjelaskan ," kepala desa sebagai pemimpin didesanya harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan aturan serta tidak melanggar hukum.

“Tugas utama kepala desa adalah menjalankan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan menciptakan keamanan dan ketertiban didesanya,”tegas Kabid Pemdes. 

Kabid Pemdes menyebutkan," kepala desa harus mampu menggerakkan warga dan aparaturnya dalam bergotong royong, pemberdayaan serta memberikan pelayanan yang cepat dan mendorong pelayanan secara proaktif dan digital.

“Kepala Desa saat ini dituntut untuk berinovasi dan kreatif didesanya, sesuai dengan potensi yang ada di wilayah terutama inovasi dalam hal menciptakan pendapatan ekonomi bagi warganya,”ucapnya.

Erwin, "  menyampaikan saat ini kita masih dalam kondisi pemulihan ekonomi nasional dan penuntasan kemiskinan.

Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Mondang yang sudah kompak dan  berhasil merangkul warganya sehingga bisa lolos perlombaan desa binaan tingkat provinsi Sumatera Utara kategori PAAR, " ucap Erwin. 

Kedepan kebersamaan itu terus dibina dan dilanjutkan agar masyarakat Desa Mondang Sehat,  cerdas dan sejahtera sesuai visi misi Bupati Tapanuli Selatan, " ujarnya. 

“Jadi di tahun 2022 ini dana desa kita 40% minimal BLTDD (bantuan langsung tunai dana desa) , 20% untuk ketahanan pangan dan 8% untuk penanganan covid-19,” jelasnya.


Kabid Pemdes juga menyampaikan untuk lebih mengembangkan potensi desa supaya memberikan manfaat untuk desa terlebih untuk masyarakat desa sendiri.


" Seperti desa  Mondang mengikuti perlombaan Desa binaan tingkat Provinsi Sumatera Utara kategori PAAR, kita berharap kepala desa,  aparat desa, BPD dan warga masyarakat saling bahu membahu agar desa Mondang berhasil meraih juara Tingkat Provinsi ,” Harapnya.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA DESA DAN PERANGKAT Desa  yaitu memimpin penyelenggaraan Pemerintahan desa,  mengangkat dan memberhentikan Perangkat Desa, memegang kekuasaan pengelolaan Keuangan dan Aset desa, menetapkan Peraturan Desa, menetapkan APB Desa dan membina kehidupan masyarakat Desa.

Sedangkan tugas BPD mempunyai tugas menggali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat, mengelola aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi masyarakat,menyelenggarakan musyawarah BPD, 
menyelenggarakan musyawarah Desa dan membentuk panitia pemilihan Kepala Desa," ujar Kabid Pemdes. 

Sementara itu Kepala Desa Mondang Efendi Harahap  saat di konfirmasi tentang kedatangan Kabid Pemdes Pak Erwin Muhammad Soleh dengan rombongan ini, dirinya mengucapkan sangat bersyukur dan berterima kasih. “Kami selaku Kepala Desa Mondang mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga, yang mana Kabid Pemdes dan rombongan sudah mau berkunjung di desa Binaan kategori PAAR ini. Semoga kedatangannya ini bisa menambah semangat untuk meraih keberhasilan, “Terangnya.(PS/BERMAWI).



Komentar Anda

Terkini: