Kepala Dinas Kesehatan Safwaliza ; Ribuan Tenaga Kesehatan di Kota Lhokseumawe Lakukan Vaksin Keempat atau Booster Kedua

/ Selasa, 09 Agustus 2022 / 19.34.00 WIB

Kepala Dinas Kesehatan 
Kota Lhokseumawe, Safwaliza

POSKOTASUMATERA.COM|LHOKSEUMAWE – Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Safwaliza  menyambut baik vaksinasi keempat atau Booster kedua yang  akan dilakukan kepada ribuan Tenaga Kesehatan dalam wilayah kerja Pemerintah Kota Lhokseumawe.

Vaksinasi ke empat ini dilkakukan Karena vaksinasi sudah terbukti menyelamatkan banyak nyawa dari keterpaparan Covid-19,” Seperti hari ini pihak Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe  melakukan Vaksinasi di Kecamatan Blang Mangat yang  berlangsung dengan baik tanpa ada kendala, demikian sebut Safwaliza kepada media ini, Selasa 9 Agustus 2022 kemarin.

Menurut Safwaliz, manfaat vaksin COVID-19 dosis keempat atau Booster kedua sangat diperlukan karena vaksin COVID-19 dosis ketiga akan menurun efektivitasnya pada bulan ketiga atau bulan keempat setelah disuntikkan.

Alasan kuat seluruh otoritas kesehatan mendorong program vaksinasi lanjutan adalah melemahkan COVID-19 varian Omicron. Para ahli mengatakan, vaksin COVID-19 dosis pertama dan dosis kedua tidak cukup untuk melindungi dari infeksi Omicron.

“Dengan Omicron, jelas bahwa dua dosis tidak cukup,” maka sangar diperlukan untuk dilakukan vaksin ke empat, kata Safwaliza.

Namun tidak semua tenaga kesehatan diberikan dosis keempat seperti yang kita lakukan di Blang Mangat.

"Untuk kemarin di Kecamatan Blang Mangat. Kita menyambut baik booster kedua dosis keempat vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan ini,” kata katanya.

Safwa menyebutkan, tidak semua tenaga kesehatan bisa disuntik booster kedua. Pasalnya, vaksinasi tersebut ada jarak penyuntikan yaitu minimal enam bulan setelah dilakukan vaksinasi sebelumnya. 

“Tujuan utama vaksinasi untuk melindungi diri dan menekan tingkat rawat inap di rumah sakit,” Sehingga, tambahnya, tidak semua nakes sudah bisa mendapat booster kedua. 

“Jadi saat ini bagi tenaga kesehatan, telah diberikan penguat kedua. Karena nakes garda terdepan yang menangani Covid-19,” ungkap Safwaliza.

Sehingga diperlukan imunitas lebih. Jadi sampat saat ini diperuntukan bagi tenaga kesehatan.

Safwa menyatakan, sebanyak 2.757 tenaga kesehatan di Kota Lhokseumawe akan divaksinasi Covid-19 dosis empat atau dosis penguat kedua. 

"Sampai saat ini jadwal vaksinasi booster kedua sudah berjalan, namun belum semua nakes dapat dipastikan vaksinasi,” timpalnya.

Kemudian, lanjutnya, pemberian suntik dosis keempat atau booster kedua bagi tenaga kesehatan harus mengacu kepada jenis vaksin yang digunakan pada saat vaksinasi penguat pertama atau vaksinasi dosis ketiga. 

Lalu petugas masih melakukan tahap pendataan jumlah tenaga kesehatan yang sudah divaksin sebelumnya.

“Lalu, untuk persentase sudah mencapai diangka atau 111,4 persen, yaitu dosis kedua sebanyak 2.920 orang atau 105,91 persen," rincinya.

Kemudian, dosis ketiga atau penguat sudah mencapai 2.550 orang atau 92,49 persen," demikian Kadinkes Kota Lhokseumawe, Safwaliza. (PS|DAHLAN)
Komentar Anda

Terkini: