Mantan Kades Simangambat Tb Tidak Koperatif, Kejaksaan Kotanopan Terbitkan DPO

/ Rabu, 31 Agustus 2022 / 08.02.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - PANYABUNGAN, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Mandailing Natal (Madina) di Kotanopan, Arga Hutagalung SH mengatakan, mantan Kepala Desa (Kades) Simangambat Tb, Kecamatan Tambangan, ARN tidak koperatif.

ARN ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi Dana Desa Tahun 2018 dan 2019. Penetapannya berdasarkan surat No. B_ 35/L.2.28.8/ Fd.1/08/2021. Dan oleh pengadilan sudah menjalani sidang pertama agenda pembacaan dakwaan, pada Senin kemarin.

"Yang bersangkutan tidak koperatif sehingga kita terbitkan Daftar Pencaharian Orang (DPO). Kita juga sudah meminta bantuan pencaharian. Di samping itu, kita limpahkan juga perkara ini secara esensial," ungkapnya, di Kantor Kejari Madina usai kegiatan pemusnahan barang bukti, Selasa (30/8).

Arga mengatakan jika posisi terdakwa sangat lemah. Alasannya, karena tidak memanfaatkan kesempatannya untuk melakukan pembelaan. Dan Ia pun dikenakan pasal subsideritas primer Pasal 2, subsider Pasal 3 UU Tipikor.

"Minggu depan akan ada agenda pemeriksaan saksi. Dan apapun keputusan hakim nantinya akan menjadi keputusan yang inkracht, berkekuatan hukum tetap walau tidak dihadiri terdakwa," sebutnya.(PS/Fahrizal)

Komentar Anda

Terkini: