Pakaian Adat Pakpak Hiasi HUT GKPPD ke-31 Dipusatkan di Sidikalang Kabupaten Dairi

/ Minggu, 28 Agustus 2022 / 17.03.00 WIB

"Utusan dari Resort GKPPD Sukadame mengikuti HUT GKPPD ke-31 di Sidikalang kota"
POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI –
Hari Ulang Tahun Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) yang ke-31 dihiasi dengan pakaian Adat Pakpak,yang dilaksanakan di GKPPD Kota Sidikalang Kabupaten Dairi,Minggu (28/08/2022).

Hadir dalam acara itu Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu,Ketua DPRD Pakkpak Bharat Hotma Ramles Tumangger,serta para undangan lainnya,beserta utusan-utusan seluruh Resort dan utusan pagaran GKPPD yang ada di seluruh Indonesia.

Sebelum dilaksankan perayaan atau pemotongan kue ulang tahun GKPPD yang ke-31,terlebih dahulu dilakukan kebaktian minggu yang di ikuti seluruh jemaat atau para pendeta,beserta para penetua(Sintua) termasuk Bishop GKPPD Pdt.Abetnego Padang,Bth,M.Th,Sekjend GKPPD Pdt.Jhonson Anak Amun,S.Th.MM.

Selaku pembawa Khotbah,Rev.Dr.Philip Lok ,dengan Thema Kesadaan merbuahken simerandal ,yang diambil dari Kolose 1;10.”Unity bearsgood things”.(Colossians 1:10)

Khotbah Colossians 1:10 yang disampaikan Rev.Dr.Philip Lok dalam bahasa Inggris menyebutkan dalam bahasa Inggris ” so that you may live a life worthy of the Lord and please him in every way: bearing fruit in every good work, growing in the knowledge of God “,

Dalam bahasa Indonesia disebutkan “sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah”,

Sedangkan dalam bahas Pakpak “Jadi merkitè bagidi gabè iperangèken kènè mo lemmo atè Dèbata, nai gabè kelemmonkenNa mo kènè, asa gabè merbuah merandal kènè. Jadi makin ntangkas janah mbages mo penandai ndènè tersèngèt mi Dèbata.

Adat dan budaya Pakpak yang ditunjukkan dalam HUT GKPPD setiap tahunnya adalah merupakan pelestarian budaya,sehingga generasi kedepan nantinya dapat mengembangkan dikemudian hari,dan tidak melupakan adat budaya itu sendiri yaitu melalui keagamaan.

Sehingga untuk tahun-tahun mendatang lebih meriah dan semarak,apalagi pengabaran firman Tuhan, mengabarkan injil  (sukuten keluahan) keseluruh bangsa,melalui adat dan budaya,secara khusus budaya Pakpak.

Dalam acara tersebut memberikan cendramata kepada Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu,Ketua DPRD Pakpak Bharat Hotma Ramles Berutu,para pensiunan Bishop dan pensiunan Sekjend.GKPPD. (PS/K.TUMANGGER).

     

 

Komentar Anda

Terkini: