KMP Rute Balige - Onan Runggu Beroperasi

/ Kamis, 16 Juli 2020 / 20.03.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM -SAMOSIR - Untuk menghidupkan Pariwisata dan ekonomi masyarakat kawasan danau toba, Pemerintah pusat membuat berbagai terobosan. Salah satunya adalah mengoperasikan KMP (Kapal Motor Penyeberangan) Pora pora, dengan rute Balige - Onan Runggu, (Kabupaten Toba - Kabupaten Samosir). 

Peluncuran pelayaran perdana KMP yang menghubungkan wilayah kawasan danau toba itu dilakukan Kamis (16/7). Ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Transportasi ASDP Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Pandu Yunianto, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, Bupati Toba Darwin Siagian, dihadiri para tokoh adat dan tokoh masyarakat. 

Pada sambutanya, Mewakili Menteri Perhubungan, Pandu Yunianto mengatakan bahwa fasilitas menghubungkan wilayah di Kawasan Danau Toba melalui pengadaan kapal motor tersebut merupakan instruksi langsung dari Presiden, untuk kemajuan perekonomian masyarakat. 

"Tujuan pemerintah menghidupkan suasana pariwisata dan ekonomi masyarakat supaya lebih meningkat di kawasan Danau Toba. maka aset ini harus kita jaga dan pelihara bersama" jelasnya.
 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon, pada sambutannya menyarankan agar dalam waktu dekat, KMP Porapora bisa dioperasikan setiap harinya sebagai akses pendistribusian bahan makanan dan bangunan antar kabupaten. Selain itu juga dapat memicu geliat pariwisata dan dikoneksikan dengan Bandara Silangit.  

Dalam kesempatan itu Rapidin juga berharap agar antara Kepala Daerah Se-Kawasan Danau Toba dapat bersinergi dan bersama sama saling bergandeng tangan. Dimana menurutnya langkah itu salah satu cara untuk memajukan daerah kawasan danau toba dan mensejahterakan masyarakatnya. 

Untuk sementara waktu, Pelayaran KMP Pora pora direncanakan 3 kali berlayar dalam satu minggu, dan satu trip setiap harinya. Yakni hari minggu, Rabu dan Sabtu. Dari balige brangakat jam 09.00 wib, dan dari Onan runggu berangkat jam 16.30 wib. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: