Resep Holat Hidangan Khas Raja Tapanuli Selatan

/ Rabu, 10 Februari 2021 / 01.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Mengulas cerita tentang kuliner khas daerah di Provinsi Sunatera Utara, begitu banyak hal - hal kita temui berbagai macam makanan disetiap daerah Kabupaten/kota. Karena, berbagai masakan bakal kita temui dan mencicipi ciri khas bumbu dan cara pengolahan bahan makanannya.

Kali ini, kita mencoba membedah masakan khas dari Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Menurut cerita penduduk setempat, holat adalah makanan yang dihidangkan untuk para raja di Kabupaten Tapanuli Selatan. Masakan khas Padang Bolak ini, cukup mudah ditemukan jika ingin mencicipi rasa khas yang diberikan dari masakan ini. Tinggal melihat plank yang ada di warung makan dengan tulisan tersedia Holat. Biasanya, holat banyak di temukan di Jalan Lintas Sumatera ketika masuk di kota Aekanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu, sampai ke  Kabupaten Mandailing Natal. 

Holat adalah sebentuk kuah parutan pohon Balakka. Bagian ujung kayu rotan muda yang sudah dipanggang dan dicampur dengan kulit kayu Balakka yang biasa terdapat di hutan kawasan Kabupaten Tapanuli Selatan. Campuran holat bisa dengan berbagai lauk. Namun, yang paling dikenal adalah ikan mas bakar dan pakkat (batang sejenis rotan).

Nah, bagi ibu - ibu yang ingin mencoba membuat masakan holat khas Padang Bolak dirumah, Siti Nurjannah di halaman bloger Dapur Teh Enur membuat resep masakan holat khas Padang Bolak. Berikut ini bahan dan cara memasaknya :

Bahan :
  • Ikan mas, dipotong dan dipanggang
  • Batang balakka yang berkulit tebal
  • Beras
Bumbu - bumbu :
  • Bawang merah, iris-iris
  • Cabai rawit, ditumbuk
  • Jeruk nipis secukupnya (pola asam galugur, asam riang - riang muda adong dapot)
  • Jahe secukupnya, iris-iris
  • Garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Pisahkan kulit balakka dari batangnya. Buang kulit bagian terluarnya, lalu  serut kulit balakka.
  2. Campurkan irisan bawang dan jahe  dengan serutan kulit balakka hingga merata.
  3. Siapkan tungku tanah liat. Sangrai beras hingga harum, lalu tumbuk sampai halus. Saring beras dan campurkan dengan serutan belakka.
  4. Tambahkan garam sesuai secukupnya, masukkan air mendidih kedalam adonan tanpa direbus.
  5. Campur dan aduk adonan hingga merata. Setelah tercampur semua adonan, masukkan potongan ikan mas yang telah dipanggang kedalam adonan. Diamkan hingga dingin.
  6. Siapkan perasan jeruk nipis, cabai rawit yang telah ditumbuk atau tambahkan juga kecap manis atau kecap khas tapanuli sebagai cocolan atau pelengkap.
Semoga ulasan diatas, dapat membantu untuk mengetahui cara membuat holat khas Padang Bolak. Jika penasaran, silahkan berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Selatan. (PS/Ricky)
Komentar Anda

Terkini: