Kasi Mapenda Kemenag Tapsel Fahrul Sanawi Harahap MPd. I Sampaikan Hikmah Yang Didapatkan Dalam Menjalankan Puasa

/ Kamis, 29 April 2021 / 21.16.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kasi Mapenda Kementerian Agama Tapanuli Selatan Fahrul. Sanawi Harahap M.Pd. I menyampaikan ada 8 hikmah dan manfaat menjalakan ibadah puasa Ramadhan 1442 H  yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,  Mendorong perbatan yang baik,  meningkatkan rasa empati,  Mencegah perbuatan maksiat, meningkatkan jasmani,  menahaj emosi,  refleksi diri dan hidup sederhana.


Demikian disampaikan Kasi Mapenda Kementerian agama Tapanuli Selatan Fahrul Sanawi Harahap, M. Pd. I  saat memberikan tausiah pada acara Safari Ramadhan sekaligus pemberian Zakat penghasilan Guru dan pegawai ASN di jajaran Kementerian Agama Tapanuli Selatan kepada siswa/i  Madrasyah zona Sipirok di aula MAN Sipirok Desa Situmba Rabu (28/4).

Disampaikannya, " puasa adalah  kegiatan yang dilakukan diri menahan diri dari nafsu mulai terbit fajar sampai terbennya matahari.  Bagi seluruh ummat Islam yang sudah balikh  menjalankan ibadah puasa Ramadhan merupakan suatu kewajiban karena puasa termasuk dalam rukun Islam yang ketiga, " pungkasnya dihadapan siswa/i yang menerima Zakat. 

Lebih lanjut disampaikan  Fahrul Sanawi Harahap, M. Pd. I Kepada anak anak kami saya sampaikan bahwa hikmah  puasa itu meningkatkan kesehatan. Selain kesehatan rohani juga bisa membuat sehat jasmani. Seperti bisa menurunkan berat badan,  meningkatkan kesehatan jantung,  mengontrol kadar gula darah, meningkatkan kesehatan otak,  dan mencegah peradangan. 

Terakhir disampaikannya," Puasa Ramadhan sebagai ajang menjalin silaturrahmi  atau meningkatkan tali persaudaraan dengan keluarga kerabat teman bahkan sesama ummat muslim lainnya. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: