Banyak OPD Dijabat Pelaksana Tugas (Plt), Mulyadi Simatupang : Banyak Masa Berlaku SK Plt Sudah Lewat, Pelayanan Terganggu

/ Selasa, 18 Mei 2021 / 19.13.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Ada banyak jabatan di jajaran pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, yang dijabat pelaksana tugas atau Plt. Saat ini diperkirakan lebih dari 150 jabatan, mulai dari eselon IV-B hingga II-B atau kepala dinas dan kepala badan.

Dari informasi dan data yang diperoleh, jabatan yang dipangku Plt, di antaranya 1 asisten pada sekretariat daerah, 15 kepala organisasi perangkat daerah (OPD)/Kadis dan Kaban, 2 camat, 75 kepala sekolah dan  selebihnya kepala seksi di kantor OPD hingga Puskesmas. 

Jabatan asisten yang dijabat Plt, adalah Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan di Setdakab Labuhanbatu dipangku Kepala Bagian (Kabag). Atau pejabat bawahan menjabat ke jabatan atasan. 

Kemudian, kepala badan yang dijabat Plt, yaitu di Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta kepala inspektorat atau inspektur.

Jabatan kepala dinas yang dijabat Plt, yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pendapatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP/Perkim), Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Dinas Perhubungan dan Dinas Satpol PP. Ada yang sudah 1,5 tahun menjabat Plt kepala dinas.

Ada kepala bidang (Kabid) atau eselon III-B yang diangkat menduduki jabatan kepala dinas (IV-B). Selebihnya, jabatan kepala dinas atau kepala badan dijabat sekretaris (eselon III-A). Kemudian, 2 Camat dijabat Plt yaitu Camat Bilah Barat dan Panai Hilir. 

Penjabat (Pj) Bupati Labuhanbatu Mulyadi Simatupang mengaku kaget terhadap banyaknya jabatan di Pemkab ini yang dijabat pelaksana tugas (Plt). 

"Setelah saya ditunjuk Menteri Dalam Negeri dan dilantik gubernur menjadi penjabat bupati di Labuhanbatu ini, saya datang dan perkenalan, di situlah saya tahu banyak Plt di sini. Saya terkejut! Namun karena tugas utama saya memastikan jalannya roda pemerintahan, pelaksanaan PSU (pemungutan suara ulang Pilkada) dan pelayanan masyarakat, saya fokus untuk itu," kata Pj Bupati Mulyadi Simatupang saat diwawancarai rekan media, Selasa (18/5/2021) sore, di kantor bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. 

Tetapi kemudian Pj Bupati menyadari pelayanan masyarakat sedikit terganggu. Salah satu faktornya karena kepala OPD-nya dijabat Plt. 

"Saya berkordinasi dengan Kemendagri apakah saya boleh melakukan rotasi atau mendefinitifkan pejabat, ternyata boleh tetapi harus mendapat persetujuan dari Kemendagri," sebutnya.

"Saya kan tidak lama di sini. Namun banyak yang masa berlaku SK Plt sudah lewat. Saya  kordinasi dengan Sekda, dan saya simpulkan jangan ada anggapan saya tidak netral pada PSU. Maka saya tidak merubah pejabat, tapi saya perpanjang masa Plt itu untuk menjaga kekondusifan daerah ini terutama saat PSU," Urainya

Dia berharap dengan kondisi yang ada saat ini, Plt tetap dapat bekerja maksimal. Kalau ditanya ada kelemahan, pasti. 

"Mungkin ada juga pengaruhnya karena masih Plt, sehingga kinerjanya kurang maksimal, seperti penggalian PAD. Tapi saya tekankan supaya semua fokus pada pekerjaan masing-masing. Jangan terpengaruh situasi politik," ujarnya. 

Selain itu, ada juga karena peraturan yang baru bahwa pengguna anggaran juga menjadi PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada kegiatan masing-masing OPD.

"Ada beberapa Plt yang merasa kurang menerima itu. Seperti di rumah sakit. Solusinya kan bentuk tim teknis untuk membantu membuat kerangka acuan kerja dan HPS (Harga Perkiraan Sendiri/adalah perhitungan biaya atas pekerjaan barang/jasa sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan dalam dokumen pemilihan penyedia barang/jasa. HPS dikalkulasikan secara keahlian dan berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Ada juga Plt yang sudah mundur, karena merasa tidak mampu menjadi PA dan PPK. Itu sedang dalam proses," jelasnya.

Mulyadi berharap kepala OPD dan Plt kepala pada OPD melakukan kegiatan, karena DAK (dana alokasi khusus) harus sudah dilaksanakan.

"Anggaran kan harus dibelanjakan, bukan disimpan di bank. Dalam hal ini semua Plt kita anggap setara definitif dan dapat fokus pada pekerjaan. Saya meminta semua Plt membuktikan pekerjaan berjalan dengan baik," ujar sosok yang juga dikenal sebagai Sekretaris PSMS Medan tersebut. 

Untuk itu Dia berharap semua pejabat dan Plt loyal terhadap atasan. Jika ada yang lambat berarti tidak loyal pada pimpinan. 

"Kalau saya menjabat sampai Desember 2021, akan saya tata jabatan yang ada. Saya akan angkat pejabat definitif melalui lelang jabatan untuk menempatkan seseorang yang sesuai dengan kemampuan, keahlian, disiplin ilmu dan pengalamannya. Tetapi jika saya sampai bulan Juli, kita serahkan penataannya kepada bupati definitif yang dilantik," pungkasnya. (PS/Ricky)
Komentar Anda

Terkini: