KSJ Akan Launching Kampung Sedekah Untuk Yatim dan Duafa

/ Senin, 17 Mei 2021 / 09.21.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Komunitas Sedekah Jum'at (KSJ) terus berinovasi mengelola berbagai kegiatan dan program sedekah.

Direncanakan pada edisi ke 93 akan di launching program Kampung Sedekah untuk Yatim dan Duafa, tahap awal akan dibangun diatas lahan seluas 41 x 190 m2 yang terletak disebelah komplek KSJ Property Perumahan Petatal Indah Permai Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara.

Diketahui didalam areal KSJ Property yang digawangi oleh PT Cahaya Baru Sejati (CBS)  didirikan oleh Almarhum H  Hamlet Lubis juga telah dibangun Masjid  serta Rumah Tahfidz Qur'an Al Ikhwan yang namanya diambil dari sosok nama pendiri sekaligus pembina utama KSJ Bapak AKBP H Ikhwan Lubis SH MH juga Kapolres Batu Bara.

Saharuddin Ketua Umum KSJ menjelaskan kepada media ini (17/05/2021), guna mendukung dan membantu para anak yatim maupun yatim piatu dan duafa meraih sukses dan impiannya serta memaksimalkan konsep sedekah produktif.

"Kami bersama owner PT CBS Bapak Ir. Hernawan Lubis merancang program Kampung Sedekah ini, nanti didalamnya dipenuhi dengan sarana kegiatan berbasis pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Workshop furniture (mebel) serta perbengkelan dan advertaising, pertanian hidroponik dan budidaya ikan air tawar sampai pelatihan entreprenure dan menyiapkan perpustakaan digital," kata Saharuddin.

Konsep Kampung Sedekah juga seperti Rumah Singgah, Panti Asuhan atau sekolah informal, hanya lebih modern dan edukatif agar kegiatan para yatim yang beranjak dewasa maupun duafa  yang tidak memiliki pekerjaan, tetap dapat beraktifitas dan produktif.

"Mereka akan lebih punya harapan serta penghasilan karena dikolaborasi dengan kegiatan bisnis serta ekonomi. Kampung Sedekah itu akan menghasilkan berbagai produk UMKM, hasil budidaya Perikanan dan Pertanian hidroponik, Usaha perbengkelan dan Furniture serta enterprunure yang membangun dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif di era digital," katanya.

Mimpi ini, lanjutnya, memang bukan hal yang mudah untuk diwujudkan, namun dengan kerja keras dan ikhlas KSJ yaqin ini akan dapat terlaksana.

Mudah-mudahan pula Kampung Sedekah ini dapat jadi icon wisata edukatif dan religius di Batu Bara khususnya, karena pengembangan areal di sekitar lokasi itu sangat memungkinkan.

Tahap awal KSJ akan memfokuskan menyelesaikan biaya pembebasan lahan seluas 41 x 190 an M2 dengan  jumlah Rp. 250.000.000,-, Insha Allah secara gotong royong dan bantuan masyarakat luas target 4 sampai 5 bulan, pembebasan lahan tersebut dapat dituntaskan. (PS/REL)

Komentar Anda

Terkini: